Ada Apa setelah Ramadhan? (Syaikh Prof. Dr. Anis Ahmad Thahir Jamal Al-Indunisi)

By  |  pukul 12:10 pm

Terakhir diperbaharui: Senin, 11 Syawwal 1436 / 27 Juli 2015 pukul 8:15 am

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=14971

Ceramah agama Islam oleh: Syaikh Prof. Dr. Anis Ahmad Thahir Jamal Al-Indunisi
Penerjemah: Ustadz Jazuli, Lc.

Sebuah ceramah tazkiyatun nufus yang disampaikan di Radio Rodja dan Rodja TV pada Sabtu pagi menjelang siang, 9 Syawwal 1436 / 25 Juli 2015, pukul 10:00-12:05 WIB oleh Syaikh Prof. Dr. Anis Thahir Al-Indunisi. Beliau adalah guru besar ilmu hadits di Universitas Islam Madinah, dan di sela-sela kesibukan beliau, beliau juga mengajar di Masjid Nabawi Madinah Al-Munawwarah. Ceramah yang diangkat oleh Asy-Syaikh adalah tentang “Ada Apa setelah Ramadhan?“, sebuah renungan yang semestinya kita dapat bermuhasabah (berintrospeksi) dengannya.

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Ada Apa setelah Ramadhan?

Ramadhan dengan seluruh keutamaannya, di mana Allah jadikan seluruh waktu Ramadhan adalah waktu yang penuh dengan “>keutamaan. Di antaranya adalah di mana Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

Baca Juga:  Tugas-Tugas Ibadah di Bulan Syawal - Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman (Ustadz Abdullah Taslim, M.A.)

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman kepada Allah dan mengharapkan pahala darinya, maka Allah Subhanahu wa Ta’ala akan mengampuni dosa-dosanya.”

Hadits tadi adalah salah satu hadits yang menyebutkan keutamaan Ramadhan, di mana Allah Subhanahu wa Ta’ala memberikan banyak sekali ampunan bagi mereka yang betul-betul menjalankan ibadah puasa karena Allah (ikhlas karena Allah) dan mengharapkan pahala darinya. Oleh karenanya, kita memohon kepada Allah agar Allah Subhanahu wa Ta’ala mengijabah seluruh doa kita yang kita panjatkan setelah Ramadhan, sebagaimana kita juga memohon kepada Allah agar Allah menerima seluruh ibadah kita selama Ramadhan.

Baca Juga:  Sirah Nabawiyah (Bagian ke-2) - (Ustadz Dr. Firanda Andirja, M.A.)

Selain itu juga, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa yang melakukan shalat malam di bulan Ramadhan karena iman kepada Allah dan mengharapkan pahala darinya, maka Allah Subhanahu wa Ta’ala akan mengampuni dosa-dosanya.”

Bulan Ramadhan adalah bulan yang bertabur dengan kemuliaan dan keutamaan. Lalu bagaimana dengan masa setelah Ramadhan berlalu ini? Perubahan apa yang bisa kita petik setelah berlalunya Ramadhan? Download ceramah agama “Ada Apa setelah Ramadhan?” oleh Syaikh Prof. Dr. Anis Thahir Al-Indunisi.

Download Ceramah Agama: Syaikh Anis Ahmad Thahir Jamal Al-Indunisi – Ada Apa setelah Ramadhan?

Baca Juga:  Nistanya Zina (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

Bagikan kebaikan ini kepada kaum Muslimin dengan share tautan ceramah ini ke Facebook, Twitter, dan Google+ kamu!

2 Comments

  1. abi faizz

    Rabu, 13 Syawwal 1436 / 29 Juli 2015 at 02:17

    Bismillah…
    Alhamdulillah bertambah satu lagi informasi dunia tuk menambah ilmu, semoga Allah Ta’ala memberkahi keikhlasan para asatidzah dan memudahkan segala urusannya… Aamiin

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0:00
0:00