Telegram Rodja Official

Aktualisasi Akhlak Muslim

Agama adalah Nasihat – Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

By  |  pukul 10:20 am

Terakhir diperbaharui: Rabu, 17 Februari 2016 pukul 1:51 pm

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=15043

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.

Ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary ini merupakan hasil rekaman pada Senin, 26 Ramadhan 1436 / 13 Juli 2015. Ceramah agama ini berkaitan dengan seri pembahasan Aktualisasi Akhlak Muslim, yang sangat penting untuk diketahui oleh setiap muslim. Pada pertemuan sebelumnya beliau telah menjelaskan tentang “Utamakan Menasihati Diri Sendiri Sebelum Orang Lain“, dan kali ini beliau akan membawakan kajian denga tema “Agama adalah Nasihat“.

Ringkasan Ceramah Agama: Aktualisasi Akhlak Muslim

Akhlak Muslim kepada Sesama Manusia: Agama adalah Nasihat

Nasihat memiliki kedudukan yang tinggi di dalam Islam. Di dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari sahabat yang bernama Tamim bin Aus Ad-Dari radhiyallahu ‘anhu disebutkan bawha Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

الدِّينُ النَّصِيحَةُ، قُلْنَا لِمَنْ؟ قَالَ: لِلَّهِ، وَلِكِتَابِهِ، وَلِرَسُولِهِ، وَلِأَئِمَّةِ الْمُسْلِمِينَ وَعَامَّتِهِمْ

“Agama itu adalah nasihat. Kami para sahabat bertanya: “Untuk siapa?” Beliau menjawab: “Untuk Allah, kitabNya, RasulNya, para pemimpin umat Islam, dan kaum muslimin secara umum”.” (HR Muslim)

Imam An-Nawawi rahimahullah menjelaskan bahwa:

“Hadits tersebut menunjukkan betapa nasihat itu berfungsi sangat penting sebagai penopang agama ini.”

Baca Juga:
Perkara-Perkara yang Bisa Menumbuhkan Iman - Bagian ke-1 - Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman (Ustadz Abdullah Taslim, M.A.)

Bagaimana penjelasan selengkapnya mengenai Agama adalah Nasihat ini? Download segera dan simak ceramah agama ini. Semoga bermanfaat.

Download Ceramah Agama “Akhlak Muslim kepada Sesama Manusia”: Agama adalah Nasihat

Mari turut bagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× 9 = 45

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.