Telegram Rodja Official

Tematik

Benahi Diri Luar Dalam (Ustadz Maududi Abdullah, Lc.)

By  | 

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Maududi Abdullah, Lc.

Ceramah agama ini adalah yang berlangsung di Masjid Al-Barkah, Komplek Rodja, Jl. Pahlawan, belakang Polsek Cileungsi, Kp. Tengah, RT 03 / RW 03, Cileungsi, Bogor pada Rabu malam, 20 Rabi’uts Tsani 1435 / 19 Februari 2014, ba’da Maghrib hingga pukul 21:00 WIB. Pada ceramah ini, Ustadz Maududi Abdullah menyampaikan sebuah materi tazkiyatun nufus yang sangat penting untuk kita renungkan. Materi tersebut adalah tentang “Benahi Diri Luar Dalam“, yang diharapkan setelah menyimak dan merenungkan ceramah ini, maka setelahnya kita dapat mengaplikasikannya (mengamalkannya) ke dalam kehidupan kita sehari-hari.

Rekaman video (sesi kedua dan tanya-jawab): Ustadz Maududi Abdullah, Lc. – Benahi Diri Luar Dalam

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Benahi Diri Luar Dalam

Agama Islam secara umum terbagi tiga, dan ini bisa kita petik dari hadits Malaikat Jibril yang masyhur yang datang kepada Nabi kita tercinta, Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam dan bertanya. Pertanyaan pertama adalah:

يَا مُحَمَّدُ أَخْبِرْنِي عَنِ الإِسْلَامِ

“Wahai Muhammad, beritahu aku apa itu Islam?”

Lalu Nabi menjawab dengan amalan jasmani:

الإِسْلَامُ أَنْ تَشْهَدَ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَتُقِيمَ الصَّلَاةَ، وَتُؤْتِيَ الزَّكَاةَ، وَتَصُومَ رَمَضَانَ، وَتَحُجَّ الْبَيْتَ إِنِ اسْتَطَعْتَ إِلَيْهِ سَبِيلًا

Baca Juga:
Di Balik Keramat Wali Allah - Bagian ke-1 (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

Islam adalah engkau bersaksi bahwa tidak ada ilah (tuhan yang disembah) selain Allah) dan bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah, engkau mendirikan shalat, menunaikan zakat, puasa Ramadhan, dan pergi haji jika mampu.”

Ini adalah Islam (yang) berhubungan dengan organ tubuh bagian luar (jasmani).

Lalu Malaikat Jibril melangkah kepada pertanyaan yang lebih penting:

فَأَخْبِرْنِي عَنِ الإِيمَانِ

“Beritahu aku tentang iman!”

Dan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab dengan jawaban yang semuanya berhubungan dengan ruh (dalam), sehingga iman derajatnya di atas Islam. Dan itu para ulama sepakat dan tidak ada khilaf (perbedaan) dalam masalah ini, bahwa iman derajatnya di atas Islam, dengan dalil firman Allah dalam Surat Al-Hujurat.

الإِيمَانُ أَنْ تُؤْمِنَ بِاللهِ وَمَلَائِكَتِهِ، وَكُتُبِهِ، وَرُسُلِهِ، وَلِقَائِهِ، وَتُؤْمِنَ بِالْبَعْثِ الآخِرِ

Iman adalah ngkau beriman kepada Allah, malaikat-malaikatNya, kitab-kitabNya, rasul-rasulNya, hari akhir, dan engkau beriman kepada takdir yang baik maupun yang buruk.”

Dan seluruh rukun iman itu di hati.

Allah Tabaraka wa Ta’ala menerangkan di dalam Al-Qur’an:

قَالَتِ الْأَعْرَابُ آمَنَّا قُل لَّمْ تُؤْمِنُوا وَلَكِن قُولُوا أَسْلَمْنَا وَلَمَّا يَدْخُلِ الْإِيمَانُ فِي قُلُوبِكُمْ … (الحجرات: ١٤)

“Orang-orang Arab Badui itu berkata, “Kami telah beriman.” Katakanlah: “Kamu belum beriman, tapi katakanlah: “Kami telah Islam,” karena iman itu belum masuk ke dalam hatimu. …” (QS Al-Hujurat: 14)

Baca Juga:
Sifat Hikmah / Bijaksana - Bimbingan Islam (Ustadz Jazuli, Lc.)

Lalu bagaimana cara untuk dapat memperbaiki diri kita luar dan dalam agar dapat memperbaiki pula Islam dan iman kita? Mari simak dan download ceramah agama Islam ini sekarang juga.

Download Ceramah Agama: Ustadz Maududi Abdullah – Benahi Diri Luar Dalam

Jangan lewatkan untuk berbagi kebaikan ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semakin banyak kaum Muslimin memperoleh menfaat darinya, semoga semakin banyak pula pahala kita sebagai bekal di akhirat kelak, Aamiin.

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.