Telegram Rodja Official

At-Taudhiih Wal Bayaan Li Syajarati Al-iimaan

Tugas-Tugas Ibadah di Bulan Syawal – Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman (Ustadz Abdullah Taslim, M.A.)

By  |  pukul 8:46 am

Terakhir diperbaharui: Sabtu, 23 Juni 2018 pukul 7:37 pm

Tautan: http://rodja.id/146

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abdullah Taslim, M.A.

Berikut ini merupakan rekaman kajian kitab التَّوْضِيْحُ وَالْبَيَانُ لِشَجَرَةِ الْإِيْمَانِ (At-Taudhih Wal Bayan Li Syajarati Al-Iman) atau biasa disebut dengan “Penjelasan tentang Pohon Keimanan” karya Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di rahimahullah. Kitab ini membahas berbagai permasalahan yang berkaitan dengan iman. Kajian ini disampaikan oleh Ustadz Abdullah Taslim pada Kamis pagi, 14 Syawal 1436 / 30 Juli 2015. Pada pertemuan sebelumnya, telah dibahas tentang “Iman Menjadikan Seseorang Masuk Surga“, dan pada kajian kali ini beliau akan menyampaikan sebuah pembahasan mengenai “Tugas-Tugas Ibadah di Bulan Syawal“.

Ringkasan Kajian Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman: Tugas-Tugas Ibadah di Bulan Syawal

Belum lama ini kita telah meninggalkan bulan Ramadhan yang penuh keberkahan. Bulan yang penuh keberkahan tersebut pasti meninggalkan bekas dan jejak kebaikan di dalam diri kita. Dan kita berharap ibadah-ibadah yang kita lakukan di dalamnya bisa diterima oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Ibadah-ibadah yang disyariatkan oleh Allah masing-masing akan menumbuhkan dan menyuburkan pohon iman. Sehingga ibadah-ibadah tersebut, walaupun di awalnya kita merasa berat untuk melakukannya, namun akan terasa ringan jika kita senantiasa memperbaiki, membenahi, dan mengamalkannya. Dan hal tersebut akhirnya akan menumbuhkan, menguatkan, dan menyuburkan keimanan.

Baca Juga:
Penjelasan tentang Nafsu Muthmainah / Jiwa yang Tenang - Kitab Bahrur Raiq (Ustadz Mahfudz Umri, Lc.)

Maka dari itu hendaknya kita terus menerus dalam melakukan ibadah kepada Allah, bukan ibadah musiman yang hanya dilakukan di bulan Ramadhan saja.

Imam Ibnu Rajab Al-Hanbali menulis sebuah pembahasan yang sangat bermanfaat di dalam kitab Lathaiful Ma’arif, yang mana beliau menjelaskan tugas-tugas ibadah di bulan Syawal yang menyusun bulan Ramadhan.

Bagaimana penjabaran dari pembahasan tersebut? Simak penjelasan selengkapnya oleh Ustadz Abdullah Taslim di dalam rekaman kajian ini. Semoga bermanfaat.

Download Ceramah Kajian Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman: Tugas-Tugas Ibadah di Bulan Syawal

Jangan lupa untuk turut menyebarkan kebaikan dengan membagikan link ceramah agama ini ke Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda semua.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

÷ 5 = 1

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.