Telegram Rodja Official

Aktualisasi Akhlak Muslim

Menyelami Makna Ihsan – Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

By  | 

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.

Ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary ini merupakan hasil rekaman pada Senin, 18 Syawal 1436 / 3 Agustus 2015. Ceramah agama ini berkaitan dengan seri pembahasan Aktualisasi Akhlak Muslim, yang sangat penting untuk diketahui oleh setiap muslim. Pada pertemuan sebelumnya beliau telah menjelaskan tentang “Etika dalam Menyampaikan Nasihat“, dan kali ini beliau akan membawakan kajian denga tema “Menyelami Makna Ihsan“.

Ringkasan Ceramah Agama: Aktualisasi Akhlak Muslim

Akhlak Muslim kepada Sesama Manusia: Menyelami Makna Ihsan

Ihsan merupakan salah satu di antara tingkatan dalam agama, bahkan ihsan merupakan tingkatan tertinggi. Di dalam terminologi atau defnisi syariat, ihsan memiliki beberapa makna. Apabila ia disebutkan beriringan dengan Islam dan iman, maka maknanya adalah selalu merasakan kehadiran dan pengawasan Allah setiap kali beribadah.

Makna ini sebagaimana diungkapkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam hadits Jibril:

أَنْ تَعْبُدَ اللَّهَ كَأَنَّكَ تَرَاهُ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ تَرَاهُ فَإِنَّهُ يَرَاكَ

“Ihsan adalah kamu beribadah kepada Allah seakan-akan kamu melihatNya. Dan jika kamu tidak bisa melihatNya, maka yakinlah bahwasanya Dia melihatmu.” (HR Muslim no. 102)

Baca Juga:
Akibat Lisan Yang Tidak Dijaga Bagian 4

Ihsan dalam arti tersebut harus menjadi pedoman setiap mukmin dalam semua aktivitas, tidak hanya dalam ibadah. Setiap kali melakukan sesuatu, seakan-akan dia melihat Allah. Dan jika dia tidak mampu sampai ke derajat ini, setidaknya dia merasa dilihat dan diawasi olehNya.

Bagaimana penjelasan selengkapnya mengenai “Menyelami Makna Ihsan” ini? Download segera dan simak ceramah agama ini. Semoga bermanfaat.

Download Ceramah Agama: Menyelami Makna Ihsan

Mari turut bagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.