Telegram Rodja Official

Al-Ghaayah wa At-Taqriib - Matan Abu Syuja

Bab Akad Jaminan Hutang – Kitab Matan Abu Syuja’ (Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.)

By  | 

Kajian oleh: Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.

Berikut ini merupakan rekaman kajian kitab Al-Ghayah wa At-Taqrib atau biasa disebut Matan Abu Syuja’, kajian ini mengambil pembahasan khusus yaitu yang berkaitan dengan fiqih mu’amalat. Kitab ini merupakan kitab fiqih Madzhab Syafi’i, karya Syaikh Abu Syuja’ Ahmad bin Al-Husain bin Ahmad Al-Ashfahani rahimahullah. Kajian ini disampaikan oleh Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A. pada Jumat pagi, 29 Syawal 1436 / 14 Agustus 2015. Pada pertemuan yang lalu, Ustadz Erwandi telah menyampaikan tentang “Bab Pengalihan Hutang“, dan pada pertemuan kali ini beliau akan membahas Kitabul Buyu’ yaitu tentang “Bab Akad Jaminan Hutang“.

Ringkasan Kajian Kitab Matan Abu Syuja’

Kitabul Buyu’ (كتاب البيوع) Bab Akad Jaminan Hutang

Pada kajian kali ini akan dibahas mengenai permasalah “Bab Akad Jaminan Hutang“. Penulis kitab ini, yaitu Syaikh Abu Syuja’ Ahmad bin Al-Husain bin Ahmad Al-Ashfahani rahimahullah berkata:

ويَصح ضَمَان الدُّيون المستَقِرَّ في الذمة إذا عُلِمَ قَدْرُها، ولصاحِب الحق مُطَالبة من شاء من الضَّامن والمُضْمُون عنه (إذا كان الضَّمَان على ما بَيَّنَّا)، وإذا غَرِمَ الضَّاِمُن رجع على المضمون عنه إذا كان الضمان والقضاء بإذنه

Baca Juga:
Bab Salam - Bagian ke-2 - Kitab Matan Abu Syuja' (Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.)

“Dan diperbolehkan penjaminan dalam hutang yang tetap di dalam tanggungan apabila diketahui kadarnya. Dan bagi pemilik hak diperbolehkan untuk menuntut atau meminta apa yang dikehendakinya darinya dari penjamin dan yang dijamin, hal itu jika jaminan tersebut sesuai dengan yang kami jelaskan. Jika penjamin berhutang maka dikembalikan kepada yang dijaminkan apabila jaminan sesuai dengan izinnya.”

Simak selengkapnya pembahasan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan permasalahan akad jaminan hutang ini bersama Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi. Semoga bermanfaat.

Download Kajian Kitab Matan Abu Syuja’ (Kitabul Buyu’) – Bab Akad Jaminan Hutang

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link download kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Telegram Rodja Official