Masjid Al-Barkah

At-Tafsiir Al-Muyassar

Tafsir Surat Al-A’la (Bagian ke-2) – Kitab Tafsir Al-Muyassar (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  |  pukul 7:20 pm

Terakhir diperbaharui: Kamis, 02 Maret 2017 pukul 8:28 am

Tautan: http://rodja.id/yt

Ceramah agama Islam tentang tafsir Al-Qur’an Al-Karim oleh: Al-Ustadz Badrusalam, Lc.

Ceramah ini adalah yang berlangsung secara live pada Selasa malam, 4 Dzulqo’dah 1436 / 18 Agustus 2015, ba’da Maghrib hingga Isya’ (waktu setempat) di Masjid Al-Barkah, Rodja, Jl. Pahlawan, Kp. Tengah, Cileungsi, Bogor. Ceramah yang mengangkat bahasan rutin tafsir Al-Quran ini, pada kesempatan kali ini akan melanjutkan bahasan yang telah lalu, tentang Tafsir Surat Al-A’la (bagian pertama). Silakan simak dan download rekaman kajian “Tafsir Surat Al-A’la (Bagian ke-2)” yang disampaikan oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam.

NB: Mohon maaf, pada ceramah ini memang tidak ada sesi tanya-jawab.


[sc:status-tafsir-al-muyassar-ustadz-badrusalam-2013]

Al-Qur’an Al-Karim, Surat Al-A’la (87)

Berikut, untuk dapat mempermudah Anda mengikuti pelajaran tafsir pada rekaman kajian ini, maka kami sertakan ayat-ayat dari Surat Al-A’la yang sedang dibahas dalam kesempatan ilmiah ini.

Surat Al-A’la (87): 1-19

سَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الْأَعْلَى (١) الَّذِي خَلَقَ فَسَوَّىٰ (٢) وَالَّذِي قَدَّرَ فَهَدَىٰ (٣) وَالَّذِي أَخْرَجَ الْمَرْعَىٰ (٤) فَجَعَلَهُ غُثَاءً أَحْوَىٰ (٥) سَنُقْرِئُكَ فَلَا تَنسَىٰ (٦) إِلَّا مَا شَاءَ اللَّهُ ۚ إِنَّهُ يَعْلَمُ الْجَهْرَ وَمَا يَخْفَىٰ (٧) وَنُيَسِّرُكَ لِلْيُسْرَىٰ (٨) فَذَكِّرْ إِن نَّفَعَتِ الذِّكْرَىٰ (٩) سَيَذَّكَّرُ مَن يَخْشَىٰ (١٠) وَيَتَجَنَّبُهَا الْأَشْقَى (١١) الَّذِي يَصْلَى النَّارَ الْكُبْرَىٰ (١٢) ثُمَّ لَا يَمُوتُ فِيهَا وَلَا يَحْيَىٰ (١٣) …

Baca Juga:
Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah: Hadits 974-976 - TPP: Fitnah Akhir Zaman, Tips Selamat dari Fitnah, serta Jawaban atas Kebohongan dan Kesesatan Syiah (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

“Sucikanlah nama Tuhanmu yang Maha Tinggi,(1) yang menciptakan, dan menyempurnakan (penciptaanNya),(2) dan yang menentukan kadar (masing-masing) dan memberi petunjuk,(3) dan yang menumbuhkan rumput-rumputan,(4) lalu dijadikanNya rumput-rumput itu kering kehitam-hitaman.(5) Kami akan membacakan (Al-Qur’an) kepadamu (Muhammad) Maka kamu tidak akan lupa,(6) kecuali kalau Allah menghendaki(7) dan Kami akan memberi kamu taufik ke jalan yang mudah.(8) Oleh sebab itu, berikanlah peringatan karena peringatan itu bermanfaat,(9)
orang yang takut (kepada Allah) akan mendapat pelajaran,(10) dan orang-orang yang celaka (kafir) akan menjauhinya.(11) (yaitu) orang yang akan memasuki api yang besar (neraka).(12) Kemudian Dia tidak akan mati di dalamnya dan tidak (pula) hidup.(13) …” (QS Al-A’la [87]: 1-13)

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Tafsir Surat Al-A’la (Bagian ke-2)

Tafsir Surat Al-A’la

Allah Ta’ala berfirman:

سَبِّحِ اسْمَ رَ‌بِّكَ الْأَعْلَى ﴿الأعلى : ١﴾

“Sucikanlah nama Tuhanmu Yang Maha Tingi,” (QS Al-A’la [87]: 1)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menjadikan ayat ini dalam sujud, di mana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam membaca di waktu sujud:

سبحان ربي الأعلى

“Maha suci Allah, Rabb yang Maha Tinggi.”

Sebagian ulama memberikan hikmah, kenapa ketika kita sujud, kita membaca “Subhana Rabbiyal A’la” (yaitu) seakan-akan memberikan penyucian bahwasanya Allah tidak mungkin berada di bawah. Karena seseorang ketika sujud itu meletakkan dahinya di tanah, maka untuk menyucikan bahwa Allah berada di tanah, kita katakan, “سبحان ربي الأعلى“, yang menunjukkan akan ketinggian Allah, bahwa sujud kita itu tidak menunjukkan Allah berada di tanah, akan tetapi Dia, Allah, Maha Tinggi di atas ArsyNya.

Baca Juga:
Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 62 - 64 (Ustadz Badrusalam, Lc.)

Ayo lanjutkan pelajaran dari Tafsir Surat Al-A’la dengan menyimak / mendownload ceramah agama Islam ini sekarang juga.

Download Kajian Tafsir Al-Qur’an: Tafsir Surat Al-A’la (Bagian ke-2)

Ayo bagikan juga tautan kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+ kamu. Semoga Allah memberikan balasan kebaikan atas upaya kita menyebarkan kebaikan, Aamiin.

3 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.