Telegram Rodja Official

Al-Qaulul Mufiid

Bab Kufur Nikmat – Bagian ke-1 – Kitab Al-Qaulul Mufid (Ustadz Abu Haidar As-Sundawy)

By  | 

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Haidar As-Sundawy

Berikut ini merupakan rekaman ceramah agama dari pembahasan kitab Al-Qaulul Mufiid, yang disampaikan oleh Ustadz Abu Haidar. Pada pertemuan sebelumnya beliau menjelaskan tentang Bab Mengingkari Sebagian Nama dan Sifat Allah (Bagian ke-7), dan pada ceramah agama ini, beliau akan menjelaskan tentang Bab Kufur Nikmat (Bagian ke-1). Ini adalah rekaman dari siaran live yang berlangsung di Radio Rodja dan RodjaTV pada Jumat sore, 13 Dzulqa’dah 1436 / 28 Agustus 2015. Semoga bermanfaat.

[sc:status-al-qaulul-mufid-ustadz-abu-haidar-2013]

Ringkasan Kajian Kitab Qaulul Mufid

Pembahasan kali ini adalah berkaitan dengan kufur nikmat, yaitu mengingkari nikmat Allah Ta’ala. Allah Subhanallahu wa Ta’ala berfirman:

يَعْرِفُونَ نِعْمَتَ اللّهِ ثُمَّ يُنكِرُونَهَا

“Mereka mengetahui nikmat Allah, kemudian mereka mengingkarinya.” (QS An-Nahl [16]: 83)

Yang dimaksud dengan mereka di sini adalah orang-orang kafir. Yang mana mereka mengetahui seluruh nikmat berdasarkan naluri mereka, bahwa nikamt yang mereka dapat adalah berasal dari Allah. Namun, mereka mengingkarinya.
Dan jumlah nikmat Allah sangatlah banyak dan kita tidak akan bisa menghitungnya. Allah Ta’ala berfirman:

وَإِن تَعُدُّواْ نِعْمَةَ اللّهِ لاَ تُحْصُوهَا إِنَّ اللّهَ لَغَفُورٌ رَّحِيمٌ

“Dan jika kamu menghitung-hitung ni’mat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS An-Nahl [16]: 18)

Baca Juga:
Tak Kenal Maka Tak Sayang - Bagian ke-2 (Ustadz Abdullah Zaen, M.A.)

Simak selengkapnya penjelasan tentang “Bab Kufur Nikmat” dari hadits ini, oleh Ustadz Abu Haidar hafidzahulllah melalui rekaman audio yang kami sediakan. Semoga bermanfaat.

Download Kajian Kitab Qaulul Mufid

Jangan lupa untuk turut berbagi link donwload ceramah ini ke Facebook, Twitter, dan Google+, semoga bermanfaat bagi amal kita dan saudara Muslimin kita.

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.