Telegram Rodja Official

Aktualisasi Akhlak Muslim

Ihsan kepada Diri Sendiri dan Orang Tua – Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

By  | 

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.

Ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary ini merupakan hasil rekaman pada Senin, 30 Dzulqa’dah 1436 / 14 September 2015. Ceramah agama ini berkaitan dengan seri pembahasan Aktualisasi Akhlak Muslim, yang sangat penting untuk diketahui oleh setiap muslim. Pada pertemuan sebelumnya beliau telah menjelaskan tentang “Membalas Ihsan Allah dengan Perbuatan Ihsan“, dan kali ini beliau akan membawakan kajian denga tema “Ihsan kepada Diri Sendiri dan Orang Tua“.

Ringkasan Ceramah Agama: Aktualisasi Akhlak Muslim

Ihsan kepada Diri Sendiri dan Orang Tua

Kita wajib berlaku ihsan kepada diri sendiri, bahkan sebelum kita berlaku ihsan kepada sesama ciptaan Allah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:

وَلِنَفْسِكَ عَلَيْكَ حَقًّا

“Dan sungguh, dirimu sendiri juga memiliki hak yang wajib kamu penuhi.”

Lalu bagaimanakah wujud ihsan kita kepada diri sendiri?

Wujudnya adalah dengan memberikan hak-hak diri dan tidak mengebirinya. Seperti memberinya makanan yang halal dan baik, menjauhkannya dari makanan atau minumam yang haram dan membawa mudarat, serta menikah apabila sudah mampu melakukannya.

Namun ada hak diri yang jauh lebih penting daripada semua itu, yaitu membiasakannya untuk selalu melakukan kebaikan dan tidak menganiayanya untuk selalu melakukan kebaikan dan tidak menganiaya dengan berbuat keburukan ataupun kemaksiatan. Sebab seorang dikatakan telah berbuat ihsan kepada diri sendiri apabila mampu mengendalikan dan mengarahkannya untuk ketaatan kepada Allah dan RasulNya.

Baca Juga:
Hukum-Hukum Pakaian dan Hijab Wanita - Bagian ke-3 - Tuntunan Praktis Fiqih Wanita (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

Oleh karena itu, Allah Ta’ala berfirman:

وَنَفْسٍ وَمَا سَوَّاهَا، فَأَلْهَمَهَا فُجُورَهَا وَتَقْوَاهَا، قَدْ أَفْلَحَ مَن زَكَّاهَا، وَقَدْ خَابَ مَن دَسَّاهَا

“Dan jiwa serta penyempurnaannya (ciptaannya), maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya. Sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwa itu. Dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya.” (QS Asy-Syam [91]: 7-10)

Bagaimana penjelasan selengkapnya mengenai “Ihsan kepada Diri Sendiri dan Orang Tua” ini? Download segera dan simak ceramah agama ini. Semoga bermanfaat.

Download Ceramah Agama: Ihsan kepada Diri Sendiri dan Orang Tua

Mari turut bagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

1 Comment

    Tinggalkan Balasan

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.