Telegram Rodja Official

Aktualisasi Akhlak Muslim

Ihsan kepada Kerabat dan Pasangan Hidup – Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

By  |  pukul 4:57 pm

Terakhir diperbaharui: Kamis, 05 Januari 2017 pukul 6:15 pm

Tautan: http://rodja.id/r7

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.

Ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary ini merupakan hasil rekaman pada Senin, 7 Dzulhijjah 1436 / 21 September 2015. Ceramah agama ini berkaitan dengan seri pembahasan Aktualisasi Akhlak Muslim, yang sangat penting untuk diketahui oleh setiap muslim. Pada pertemuan sebelumnya beliau telah menjelaskan tentang “Ihsan kepada Diri Sendiri dan Orang Tua“, dan kali ini beliau akan membawakan kajian denga tema “Ihsan kepada Kerabat dan Pasangan Hidup“.

Ringkasan Ceramah Agama: Aktualisasi Akhlak Muslim

Ihsan kepada Kerabat dan Pasangan Hidup

Allah dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan setiap muslim untuk senantiasa berbuat ihsan kepada kerabat dan bersikap lemah lembut kepada mereka.

Di antara bentuk ihsan tersebut adalah dengan menyambung tali silaturahmi dengan mereka, dan ia bisa diwujudkan melalui banyak cara seperti mencintai mereka, menanyakan keadaan mereka, membimbing mereka hingga menggapai ridhaNya, memaafkan kesalahan mereka, dan membalas kejahatan mereka -apabila ada- dengan kebaikan.

Banyak sekali dalil dari Al-Quran dan As-Sunnah yang menjelaskan keutamaan berlaku ihsan dan berlemah lembut kepada kerabat. Terlebih lagi bersilaturahmi dengan mereka. Allah Ta’ala berfirman:

Baca Juga:
Nikmatnya Ukhuwah karena Allah (Ustadz Dr. Firanda Andirja, M.A.)

وَاتَّقُواْ اللّهَ الَّذِي تَسَاءلُونَ بِهِ وَالأَرْحَامَ إِنَّ اللّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيباً

“Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.” (QS An-Nisa [4]: 1)

Kemudian, syariat Islam yang mulia dan agung juga menekankan betapa pentingnya berbuat ihsan serta berlemah lembut kepada pasangan hidup. Maka suami wajib memperlakukan istri dan anak-anaknya dengan ihsan, yaitu berupaya menyayangi dan membahagiakan mereka.

Allah Ta’ala berfirman:

وَعَاشِرُوهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ

“Dan bergaullah dengan mereka secara patut.” (QS An-Nisa [4]: 19)

Bagaimana penjelasan selengkapnya mengenai “Ihsan kepada Kerabat dan Pasangan Hidup” ini? Download segera dan simak ceramah agama ini. Semoga bermanfaat.

Download Ceramah Agama: Ihsan kepada Kerabat dan Pasangan Hidup

Mari turut bagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

68 − = 60

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.