Telegram Rodja Official

Aktualisasi Akhlak Muslim

Ihsan kepada Tetangga – Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

By  |  pukul 3:10 pm

Terakhir diperbaharui: Sabtu, 15 Februari 2020 pukul 11:54 am

Tautan: http://rodja.id/r6

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.

Ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary ini merupakan hasil rekaman pada Selasa, 15 Dzulhijjah 1436 / 29 September 2015. Ceramah agama ini berkaitan dengan seri pembahasan Aktualisasi Akhlak Muslim, yang sangat penting untuk diketahui oleh setiap muslim. Pada pertemuan sebelumnya beliau telah menjelaskan tentang “Ihsan kepada Kerabat dan Pasangan Hidup“, dan kali ini beliau akan membawakan kajian denga tema “Ihsan kepada Tetangga“.

Ringkasan Ceramah Agama: Aktualisasi Akhlak Muslim

Ihsan kepada Tetangga

Salah satu tingkatan ihsan yang sangat mulia adalah berbuat ihsan kepada tetangga. Termasuk di dalamnya adalah bersikap lembut kepada mereka.

Islam memberi kedudukan yang istimewa bagi tetangga, karena mereka yang hidup berdampinga dengan kita. Jika hubungan kita dengan tetangga harmonis, niscaya tercipta kedamaian serta sikap memberikan manfaat satu sama lain.

Atas dasar itu, ada banyak perintah agar kita berperilaku ihsan kepada tetangga dalam Al-Qur’an maupun As-Sunnah. Misalnya yang disebutkan dalam firman Allah Subahanahu wa Ta’ala:

وَاعْبُدُواْ اللّهَ وَلاَ تُشْرِكُواْ بِهِ شَيْئاً وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَاناً وَبِذِي الْقُرْبَى وَالْيَتَامَى وَالْمَسَاكِينِ وَالْجَارِ ذِي الْقُرْبَى وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالجَنبِ وَابْنِ السَّبِيلِ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ إِنَّ اللّهَ لاَ يُحِبُّ مَن كَانَ مُخْتَالاً فَخُوراً

Baca Juga:
Adab-Adab Berhubungan Pasutri di Atas Ranjang (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapak, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri.” (QS An-Nisa [4]: 36)

Begitu besarnya hak tetangga atas diri kita terlihat dari bagaimana malaikat Jibril ‘alaihissalam terus menerus mewasiatkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam agar mempergauli tetangga dengan baik, sehingga beliau mengira bahwa antar tetangga akan saling mewarisi. Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَا زَالَ جِبْرِيلُ يُوصِينِي بِالْجَارِ حَتَّى ظَنَنْتُ أَنَّهُ يُوَرِّثُهُ

“Jibril senantiasa berpesan kepadaku supaya berlaku baik kepada tetangga, sampai-sampai aku menduga dia akan memberikan tetangga hak waris.”

Bagaimana penjelasan selengkapnya mengenai “Ihsan kepada Tetangga” ini? Download segera dan simak ceramah agama ini. Semoga bermanfaat.

Download Ceramah Agama: Ihsan kepada Tetangga

Mari turut bagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

67 + = 77

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.