Rodja Peduli

Al-Ghaayah wa At-Taqriib - Matan Abu Syuja

Bab Wakalah – Bagian Ke-2 – Kitab Matan Abu Syuja’ (Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.)

By  |  pukul 7:54 am

Terakhir diperbaharui: Kamis, 08 Oktober 2015 pukul 8:54 am

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=16323

Kajian oleh: Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.

Berikut ini merupakan rekaman kajian kitab Al-Ghayah wa At-Taqrib atau biasa disebut Matan Abu Syuja’, kajian ini mengambil pembahasan khusus yaitu yang berkaitan dengan fiqih mu’amalat. Kitab ini merupakan kitab fiqih Madzhab Syafi’i, karya Syaikh Abu Syuja’ Ahmad bin Al-Husain bin Ahmad Al-Ashfahani rahimahullah. Kajian ini disampaikan oleh Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A. pada Kamis pagi, 24 Dzulhijjah 1436 / 8 Oktober 2015. Pada pertemuan yang lalu, Ustadz Erwandi telah menyampaikan tentang “Bab Wakalah (Bagian Ke-1)“, dan pada pertemuan kali ini beliau akan membahas Kitabul Buyu’ yaitu tentang “Bab Wakalah (Bagian Ke-2)“.

Ringkasan Kajian Kitab Matan Abu Syuja’

Kitabul Buyu’ (كتاب البيوع) Bab Wakalah (Bagian Ke-2)

Pada kajian kali ini akan dibahas mengenai permasalah “Bab Wakalah“. Penulis kitab ini, yaitu Syaikh Abu Syuja’ Ahmad bin Al-Husain bin Ahmad Al-Ashfahani rahimahullah berkata:

وتَنْفَسِخ بموت أحدِهما، والوكيل أمين فيما يقْبِضُهُ وفيما يَصْرِفُهُ،ولا يَضْمَنُ إلا بالتَّفريط. ولا يجوز أن يبيعَ ويشتريَ إلا بثلاثة شرائط: أن يبيع بثمن المِثل، وأن يكون بنَقْد البلد، ولا يجوز أن يبيع من نفسه. ولا يُقِرُّ على مُوَكِّلِه إلا بإذنه

Baca Juga:
Harta Haram Muamalat Kontemporer: Perdagangan Saham - Aplikasi Riba Jual-beli (Ustadz DR Erwandi Tarmizi, M.A.)

“Dan akad wakalah batal jika salah satu dari keduanya wafat. Dan wakil (yang menerima wakalah) terjamin dalam hal-hal yang ia terima dan yang ia belanjakan, dan dia tidak ada kewajiban untuk menanggung kerugian/kehilangan, kecuali jika ada unsur kelalaian. Dan dia (seorang wakil) tidak diperbolehkan untuk menjual dan membeli kecuali dengan tiga syarat, yaitu: Harus menjual dengan harga yang sepantasnya, dan dengan mata uang negaranya, tidak boleh menjual untuk dirinya. Dan tidak boleh berikrar (memberi pernyataan) atas si pemberi wakalah kecuali dengan izinnya.”

Simak selengkapnya pembahasan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan permasalahan bab wakalah ini bersama Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi. Semoga bermanfaat.

Download Kajian Kitab Matan Abu Syuja’ (Kitabul Buyu’) – Bab Wakalah (Bagian Ke-2)

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link download kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.