Telegram Rodja Official

At-Taudhiih Wal Bayaan Li Syajarati Al-iimaan

Perkara-Perkara yang Bisa Menumbuhkan Iman – Bagian ke-3 – Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman (Ustadz Abdullah Taslim, M.A.)

By  |  pukul 9:40 am

Terakhir diperbaharui: Selasa, 04 April 2017 pukul 4:46 pm

Tautan: http://rodja.id/13z

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abdullah Taslim, M.A.

Berikut ini merupakan rekaman kajian kitab التَّوْضِيْحُ وَالْبَيَانُ لِشَجَرَةِ الْإِيْمَانِ (At-Taudhih Wal Bayan Li Syajarati Al-Iman) atau biasa disebut dengan “Penjelasan tentang Pohon Keimanan” karya Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di rahimahullah. Kitab ini membahas berbagai permasalahan yang berkaitan dengan iman. Kajian ini disampaikan oleh Ustadz Abdullah Taslim pada Kamis pagi, 2 Al-Muharram 1437 / 15 Oktober 2015. Pada pertemuan sebelumnya, telah dibahas tentang “Perkara-Perkara yang Bisa Menumbuhkan Iman (Bagian ke-2)“, dan pada kajian kali ini beliau akan menyampaikan sebuah pembahasan mengenai “Perkara-Perkara yang Bisa Menumbuhkan Iman (Bagian ke-3)“.

Ringkasan Kajian Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman: Perkara-Perkara yang Bisa Menumbuhkan Iman (Bagian ke-3)

Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di rahimahullah menjelaskan bahwa di antara perkara-perkara yang bisa menumbuhkan iman adalah:

Mentadaburi atau merenungkan ayat-ayat Al-Quran secara umum dan keseluruhan. Karena orang yang membaca Al-Quran dengan merenungkannya, menghayati isinya, dia akan senantiasa mendapatkan faidah dan manfaat yang besar dari pengetahuan Al-Qur’an dan isi kandungan Al-Quran yang direnungkan sehingga menyentuh hatinya yang akhirnya menyebabkan iman di dalam hatinya bertambah kuat dan subur.

Baca Juga:
Sikap Al-Wala’ Wal Bara’ Ka'ab Bin Malik - Kitab Ahsanul Bayan (Ustadz Kurnaedi, Lc.)

Hal ini sebagaimana disebutkan di dalam firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ الَّذِينَ إِذَا ذُكِرَ اللّهُ وَجِلَتْ قُلُوبُهُمْ وَإِذَا تُلِيَتْ عَلَيْهِمْ آيَاتُهُ زَادَتْهُمْ إِيمَاناً وَعَلَى رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayatNya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal.” (QS Al-Anfal [8]: 2)

Inilah sebab yang agung bahkan sebab yang paling utama untuk menguatkan iman di dalam hati, yaitu membaca Al-Quran dan merenungkan isinya.

Bagaimana penejasan dari pembahasan tersebut? Simak selengkapnya bersama Ustadz Abdullah Taslim di dalam rekaman kajian ini. Semoga bermanfaat.

Download Ceramah Kajian Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman: Perkara-Perkara yang Bisa Menumbuhkan Iman (Bagian ke-3)

Jangan lupa untuk turut menyebarkan kebaikan dengan membagikan link ceramah agama ini ke Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda semua.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

60 ÷ = 15

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.