Telegram Rodja Official

Khutbah Jumat

Berbekallah untuk Kehidupan Akhirat – Khutbah Jumat (Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A.)

By  |  pukul 1:30 pm

Terakhir diperbaharui: Jumat, 16 Oktober 2015 pukul 2:16 pm

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=16504

Khutbah Jumat oleh: Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A.

Berikut ini merupakan rekaman khutbah Jumat yang disampaikan di Masjid Al-Barkah, Komplek Rodja, Kp. Tengah, Cileungsi, pada Jumat, 3 Al-Muharram 1437 / 16 Oktober 2015. Dalam khutbah ini, Ustadz Ali Musri menyampaikan materi tentang “Berbekallah untuk Kehidupan Akhirat”. Anda bisa segera download khutbah Jumat yang bermanfaat ini dan semoga bermanfaat.

[sc:konten-alamat-masjid-al-barkah]

Ringkasan Khutbah Jumat: Berbekallah untuk Kehidupan Akhirat

Tak terasa saat ini kita sudah berada di tahun 1437 Hijriyyah. Banyak kenangan dan kesan di tahun-tahun sebelumnya. Namun, apakah kenangan dan kesan tersebut merupakan hal-hal yang dapat membawa kebahagiaan kita di akhirat kelak? Atau bahkan justru malah merupakan hal-hal yang mencelakakan kita di akhirat kelak?

Sesungguhnya dalam perputaran waktu dan pergantian tahun, ada pelajaran dan ibrah yang bisa kita ambil. Allah Subhanahu wa Ta’ala menyebutkan dalam firmanNya:

يُقَلِّبُ اللَّهُ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ إِنَّ فِي ذَلِكَ لَعِبْرَةً لِّأُوْلِي الْأَبْصَارِ

“Allah mempergantikan malam dan siang. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat pelajaran yang besar bagi orang-orang yang mempunyai penglihatan.” (QS An-Nur [24]: 44)

Di dalam ayat yang lain, Allah Ta’ala berfirman:

Baca Juga:
Khutbah Jum'at: Do'a Mensyukuri Nikmat Allah (Nasihat Nabi Kepada Mu'adz)

إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ وَاخْتِلاَفِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لآيَاتٍ لِّأُوْلِي الألْبَابِ

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal.” (QS Ali Imran [3]: 190)

Dan masih banyak ayat-ayat Al-Qur’an yang menjelaskan bahwa Allah kuasa atas segala sesuatu dan hanya Allah lah yang bisa mengatur pergantian waktu.

Satu hal yang harus kita ingat dalam memahami pergantian waktu adalah akan kembalinya jiwa kita yang hina ini kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Allah Ta’ala berfirman:

كُلُّ نَفْسٍ ذَآئِقَةُ الْمَوْتِ

“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati.” (QS Ali Imran [3]: 185)

Setiap yang kita lakukan di dunia ini kelak akan ditanyakan oleh Allah di hari kiamat nanti. Maka sudahkah kita mempunyai bekal untuk mempertanggungjawabkannya?

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنظُرْ نَفْسٌ مَّا قَدَّمَتْ لِغَدٍ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat). Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS Al-Hasyr [59]: 18)

Bagaimana penjelasan mengenai “Berbekallah untuk Kehidupan Akhirat” ini? Silakan simak penjelasan Ustadz Ali Musri mengenai hal ini di dalam rekaman khutbah Jumat singkat ini. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:
Allah Menjadikan Penguasa sesuai Keadaan Rakyatnya - Khutbah Jumat (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

Dengarkan dan Download Khutbah Jumat Masjid Al-Barkah: Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A. – Berbekallah untuk Kehidupan Akhirat

Mari raih kebaikan dengan membagikan link download khutbah Jumat ini kepada saudara-saudara kita, baik file hasil downloadnya maupun melalui akun Facebook, Twitter, dan Google+ kita. Semoga bermanfaat, jazakumullah khairan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

91 ÷ 13 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.