Telegram Rodja Official

Aktualisasi Akhlak Muslim

Ihsan kepada Non-Muslim dan Alam Sekitar – Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

By  |  pukul 3:10 pm

Terakhir diperbaharui: Kamis, 05 Januari 2017 pukul 6:15 pm

Tautan: http://rodja.id/r4

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.

Ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary ini merupakan hasil rekaman pada Senin, 6 Al-Muharram 1437 / 19 Oktober 2015. Ceramah agama ini berkaitan dengan seri pembahasan Aktualisasi Akhlak Muslim, yang sangat penting untuk diketahui oleh setiap muslim. Pada pertemuan sebelumnya beliau telah menjelaskan tentang “Ihsan kepada Masyarakat“, dan kali ini beliau akan membawakan kajian denga tema “Ihsan kepada Non-Muslim dan Alam Sekitar“.

Ringkasan Ceramah Agama: Aktualisasi Akhlak Muslim

Ihsan kepada Non-Muslim dan Alam Sekitar

Sebagai agama yang berisfat rahmatan lil ‘alamin, Islam memerintahkan umatnya untuk bersikap ihsan kepada non-muslim. Meski orang-orang tersebut tidak seakidah, kita tetap diwajibkan mempergauli mereka dengan baik. Sikap ini ditunjukkan dengan niat mendakwahi mereka agar menerima agamaNya.

Terutama terhadap mereka yang tinggal di sekitar kita serta tidak terang-terangan memusuhi Islam. Maka kita dituntut untuk bermuamalah secara baik dengan tetap memperhatikan kaidah al-wala wal bara’.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

فَبِمَا نَقْضِهِم مِّيثَاقَهُمْ لَعنَّاهُمْ وَجَعَلْنَا قُلُوبَهُمْ قَاسِيَةً يُحَرِّفُونَ الْكَلِمَ عَن مَّوَاضِعِهِ وَنَسُواْ حَظّاً مِّمَّا ذُكِّرُواْ بِهِ وَلاَ تَزَالُ تَطَّلِعُ عَلَىَ خَآئِنَةٍ مِّنْهُمْ إِلاَّ قَلِيلاً مِّنْهُمُ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاصْفَحْ إِنَّ اللّهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

Baca Juga:
Keharusan atas Cita-cita yang Tinggi, Sebaik-baik Dzikir, dan Pahala Menyibukkan Diri dengan Allah - Kitab Fawaidul Fawaid (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

“Karena mereka melanggar janjinya, Kami kutuki mereka, dan Kami jadikan hati mereka keras membatu. Mereka suka merobah perkataan (Allah) dari tempat-tempatnya , dan mereka (sengaja) melupakan sebagian dari apa yang mereka telah diperingatkan dengannya, dan kamu (Muhammad) senantiasa akan melihat kekhianatan dari mereka kecuali sedikit diantara mereka (yang tidak berkhianat), maka maafkanlah mereka dan biarkan mereka, sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.” (QS Al-Maidah [5]: 13)

Kemudian, perintah supaya ihsan mempunyai cakupan yang luas. Ia tidak hanya ditujukan kepada sesama manusia, tetapi juga kepada alam dengan segenap isisnya, seperti: tumbuhan, binatang, bahkan benda mati.

Sikap ihsan terhadap tumbuh-tumbuhan dapat kita lakukan dengan cara menjaga, memperhatikan, dan tidak merusaknya.

Bagaimana penjelasan selengkapnya mengenai “Ihsan kepada Non-Muslim dan Alam Sekitar” ini? Download segera dan simak ceramah agama ini. Semoga bermanfaat.

Download Ceramah Agama: Ihsan kepada Non-Muslim dan Alam Sekitar

Mari turut bagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

95 − = 93

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.