Masjid Al-Barkah

Kajian Keluarga

Berikan Bingkisan dan Hadiah – Fiqih Pendidikan Anak (Ustadz Abdullah Zaen, M.A.)

By  |  pukul 12:27 pm

Terakhir diperbaharui: Kamis, 31 Agustus 2023 pukul 6:02 am

Tautan: https://rodja.id/3vs

Ceramah agama islam oleh: Ustadz Abdullah Zaen, M.A.

Ceramah tentang cara mendidik anak secara Islami (fiqih pendidikan anak), pada kajian sebelumnya telah dibahas sebuah tema tentang “Bermain dan Bercanda dengan Anak“. Dan pada Senin pagi, 20 Al-Muharram 1437 / 2 November 2015, pukul 10:00-11:00 WIB, Ustadz Abdullah Zaen melanjutkan kepada pembahasan “Berikan Bingkisan dan Hadiah” yang merupakan pembahasan dari silsilah nomor 62.

[sc:status-kajian-keluarga-ustadz-abdullah-zaen-2013]

Ringkasan Ceramah Kajian Keluarga: Berikan Bingkisan dan Hadiah

Salah satu hal yang diperhatikan di dalam agama kita adalah perlunya menumbuhkan rasa kasih sayang sesama muslim. Sehingga untuk menunjang konsep ini, yaitu konsep saling menyayangi, maka agama Islam memberikan beberapa tips agar rasa kasih sayang bisa tumbuh. Di antaranya adalah ucapan salam.

Diberikan di dalam hadits yang shahih, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berdabda:

لَا تَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ حَتَّى تُؤْمِنُوا، وَلَا تُؤْمِنُوا حَتَّى تَحَابُّوا أَوَلَا أَدُلُّكُمْ عَلَى شَيْءٍ إِذَا فَعَلْتُمُوهُ تَحَابَبْتُمْ: أَفْشُوا السَّلَامَ بَيْنَكُمْ

“Kalian tidak akan masuk surga sampai kalian beriman. Dan kalian tidak akan beriman kecuali jika kalian saling menyayangi sesama kalian. Maukah aku beritahu kepada kalian sesuatu yang bisa membuat kalian saling menyayangi? Sebarkanlah salam di antara kalian”

Kemudian tips yang lainnya untuk bisa menumbuhkan kasih sayang adalah saling memberikan hadiah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berdabda:

Baca Juga:
Cara Mengatasi Kenakalan Anak Remaja (Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.)

تهادَوْا تحابُّوا

“Salinglah memberikan hadiah di antara kalian, niscaya kalian akan saling menyayangi.”

Bagaimana penjelasan mengenai hal ini? Silakan simak lanjutan dari bahasan seri ceramah tentang pendidikan anak bersama Ustadz Abdullah Zaen, M.A. ini dengan mendownloadnya sekarang juga.

Download Kajian Fiqih Pendidikan Anak: Berikan Bingkisan dan Hadiah

Jangan lupa untuk share ceramah fiqih pendidikan anak ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga semakin menambah pahala Anda seiring semakin banyak Muslimin yang menyimak dan memetik hikmah dari ceramah ini. Aamiin.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.