Telegram Rodja Official

Khutbah Jumat

Manfaat dan Mudharat Hanya Allah yang Bisa Memberikannya – Khutbah Jumat (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  | 

Khutbah Jumat oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Download khutbah Jumat yang disampaikan oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam di Masjid Al-Barkah, Komplek Rodja, Kp. Tengah, Cileungsi, Bogor pada Jumat, 8 Shafar 1437 / 20 November 2015. Pada khutbah jumat ini, beliau menyampaikan tema tentang “Manfaat dan Mudharat Hanya Allah yang Bisa Memberikannya“. Mari kita simak dan download khutbah Jumat ini, semoga bermanfaat.

[sc:konten-alamat-masjid-al-barkah]

Ringkasan Khutbah Jumat: Manfaat dan Mudharat Hanya Allah yang Bisa Memberikannya

Sesungguhnya perkara yang wajib diyakini oleh setiap muslim bahwasaya tidak ada yang bisa memberikan manfaat dan mudharat kecuali Allah saja. Keyakinan ini yang ditanamkan oleh agama kita. Dan bahwasanya memberikan manfaat dan mudharat itu hanya milik Allah semata.

Siapa pun orangnya, setinggi apa pun derajatnya, dia tidak akan bisa memberikan mudharat. Apakah itu para malaikat, para nabi, orang-orang shalih, semuanya tidak ada yang bisa memberikan manfaat dan mudharat.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

قُل لاَّ أَمْلِكُ لِنَفْسِي نَفْعاً وَلاَ ضَرّاً إِلاَّ مَا شَاء اللّهُ وَلَوْ كُنتُ أَعْلَمُ الْغَيْبَ لاَسْتَكْثَرْتُ مِنَ الْخَيْرِ وَمَا مَسَّنِيَ السُّوءُ إِنْ أَنَاْ إِلاَّ نَذِيرٌ وَبَشِيرٌ لِّقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ

Baca Juga:
Cara Beragama yang Benar dengan Mengikuti Pemahaman Para Sahabat Radhiyallahu 'Anhum - Bandung 1438 / 2017 (Ustadz Abdul Hakim Amir Abdat)

“Katakanlah: “Aku tidak berkuasa menarik kemanfa’atan bagi diriku dan tidak (pula) menolak kemudharatan kecuali yang dikehendaki Allah. Dan sekiranya aku mengetahui yang ghaib, tentulah aku membuat kebajikan sebanyak-banyaknya dan aku tidak akan ditimpa kemudharatan. Aku tidak lain hanyalah pemberi peringatan, dan pembawa berita gembira bagi orang-orang yang beriman”.” (QS Al-Araf [7]: 188)

Di dalam ayat ini, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam diperintahkan oleh Allah untuk mengatakan bahwa beliau tidak bisa mendatangkan manfaat dan tidak dapat menolak mudharat kecuali apa yang telah dikehendaki oleh Allah. Padahal kita ketahui bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam merupakan manusia yang paling tinggi derajatnya, yang paling mulia di sisi Allah. Namun, beliau diperintahkan untuk mengatakan hal tersebut.

Hal itu karena, memberikan manfaat dan menolak mudharat hanya Allah saja yang bisa melakukannya. Tidak ada seorang makhluk pun yang bisa melakukannya. Dan semua itu terjadi atas kehendak dariNya.

Silakan simak penjelasan selengkapnya dari khutbah Jumat yang singkat namun bermanfaat ini dengan mendownloadnya sekarang juga. Semoga Bermanfaat.

Dengarkan dan Download Khutbah Jumat Masjid Al-Barkah: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Jangan lupa untuk ikut membagikan link download khutbah Jum’at ini, kepada saudara Muslimin kita baik itu melalui Facebook, Twitter, atau Google+ Anda. Semoga Allah membalas kebaikan Anda.

Baca Juga:
Penjelasan tentang Aqidah Ahlussunnah - Bagian ke-1 - Kitab Al-Ibanah (Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A.)
Telegram Rodja Official

2 Comments

  1. Sanusi Abu Unais Abdirrahman

    Rabu, 25 November 2015 at 10:57 AM

    Nice Posts. Jazakallahu khairan.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.