Rodja Peduli

Tabshiiratul Anaam bil Huquuqi fil Islaam

Hak-Hak Pemimpin dan Rakyat – Bagian ke-1 – Tabshiratul Anam bil Huquqi fil Islam (Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc.)

By  |  pukul 8:21 pm

Terakhir diperbaharui: Selasa, 07 Februari 2017 pukul 11:04 am

Tautan: http://rodja.id/vl

Kajian Islam oleh: Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc.

Berikut ini merupakan rekaman kajian kitab “Tabshiratul Anam bil Huquqi fil Islam” atau “Hak-Hak di Dalam Islam” karya Syaikh Shalih bin Thaha Abdul Wahid hafidzahullah, yang disampaikan oleh Ustadz Kurnaedi, Lc.. Kajian ini di sampaikan di Masjid Al-Barkah, komplek Studio Radio Rodja dan RodjaTV, pada Senin, 12 Shafar 1437 / 23 November 2015. Pada kajian sebelumnya beliau menyampaikan kajian dengan judul “Hak-Hak Lisan (Bagian ke-1)“, dan kali ini beliau melanjutkan kepada pembahasan “Hak-Hak Pemimpin dan Rakyat (Bagian ke-1)“. Semoga bermanfaat.

Rekaman video: Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. – Hak-Hak Pemimpin dan Rakyat (Bagian ke-1) dari Kitab Tabshiratul Anam bil Huquqi fil Islam

Ringkasan Kajian Kitab Tabshiratul Anam bil Huquqi fil Islam: Hak-Hak Pemimpin dan Rakyat (Bagian ke-1)

Pembahasan tentang hak pemimpin dan rakyat ini merupakan hak yang paling penting dalam menjadikan masyarakat muslim ini menjadi masyarakan aman dan sentosa. Maka dari itu, Islam sangat memperhatikan hak-hak ini. Islam memerintahkan rakyat untuk menunaikan hak pemimpinnya. Begitu juga pemimpin harus menunaikan hak rakyatnya.

Baca Juga:
Biografi Imam Ath-Thabari

Masalah ini sangat penting dan sangat sensitif sehingga ada sekelompok orang yang tersesat jauh dari kebenaran dalam masalah ini. Maka dari itu kita harus mengetahui apa saja hak-hak pemimpin dan apa saja hak-hak rakyat. Setelah mengetahuinya maka kita dituntut untuk mempraktikkannya.

Berkitan dengan hal ini, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

وَكُلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ

“Setiap dari kalian adalah pemimpin. Dan setiap dari kalian bertanggungjawab atas yang dipimpinnya.”

Simak penjelasan rinci mengenai “Hak-Hak Pemimpin dan Rakyat (Bagian ke-1)” ini, dengan mendownload kajian ini atau mendengarkannya langsung melalui player yang sudah kami sediakan. Semoga bermanfaat.

Download Kajian Kitab Tabshiratul Anam bil Huquqi fil Islam: “Hak-Hak Pemimpin dan Rakyat (Bagian ke-1)”

Mari raih pahala dan kebaikan dengan membagikan tautan ceramah agama ini ke Jejaring Sosial yang Anda miliki seperti Facebook, Twitter, Google+ dan yang lainnya. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.