Rodja Peduli

Panduan Amal Sehari Semalam

Mukadimah – Bagian ke-3 – Panduan Amal Sehari Semalam (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

By  |  pukul 10:40 am

Terakhir diperbaharui: Selasa, 01 Desember 2015 pukul 11:35 am

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=17538

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.

Berikut ini merupakan rekaman ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary pada Selasa, 19 Shafar 1437 / 1 Desember 2015. Ceramah agama ini membahas buku “Panduan Amal Sehari Semalam” yang berisi amalan-amalan yang semestinya dilakukan oleh seorang muslim dalam kesehariannya.

Pada ceramah kali ini, Ustadz Abu Ihsan akan menjelaskan “Mukadimah (Bagian ke-3)“, setelah sebelumnya beliau menjelaskan tentang “Mukadimah (Bagian ke-2)“.

Ringkasan Ceramah Agama: Panduan Amal Sehari Semalam

Mukadimah (Bagian ke-3)

Ibnul Qayyim rahimahullah menjelaskan:

“Termasuk hak Allah atas setiap waktu yang berlalu dalam kehidupan seorang hamba adalah diberi penuaian kewajiabn ubudiyah (penghambaan) yang dipersembahkan kepadaNya demi pendekatan diri. Jika si hamba mengisi waktu dengan ibadah yang wajib dia tunaikan, maka si hamba maju menuju Allah. Sebaliknya, jika ia diisi dengan mengikuti hawa nafsu, bersantai ria, dan menganggur, maka si hamba akan mundur menjauhiNya. Seorang hamba kalau tidak melangkah maju, maka dia pasti bergerak mundur. Tidak ada yang berhenti di tengah jalan.”

Allah Ta’ala berfirman:

لِمَن شَاء مِنكُمْ أَن يَتَقَدَّمَ أَوْ يَتَأَخَّرَ

“(Yaitu) bagi siapa di antaramu yang berkehendak akan maju atau mundur.” (QS Al-Muddatstsir [74]: 37)

Baca Juga:
Penjelasan tentang Aqidah Ahlussunnah - Bagian ke-8 - Kitab Al-Ibanah (Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A.)

Imam Ibnul Qayyim rahimahullah meneruskan:

“Jika tidak maju, dia pasti mundur. Kehidupan seorang hamba selalu berjalan, tidak berhenti. Kalau tidak ke atas, pasti ke bawah, dan kalau tidak maju ke depan, pasti mundur ke belakang. Demikian detik-detik kehidupan yang berlalu cepat menuju surga atau neraka. Ada yang melaju cepat dan ada yang jutru bergerak mundur. Tidak ada seorang pun yang berhenti di tengah perjalanan. Hanya saja, pada perjalanan ini ada orang yang berbeda arah tujuannya dan ada yang berbeda akselerasi kecepatannya.”

Bagaimana penjelasan selengkapnya mengenai bagian “Mukadimah” buku “Panduan Amal Sehari Semalam” ini? Download segera dan simak ceramah agama ini. Semoga bermanfaat.

Download Ceramah Agama: Panduan Amal Sehari Semalam

Mari turut bagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.