Telegram Rodja Official

Kaidah-Kaidah Praktis Memahami Fiqih Islami

Memenangkan Sisi Pengharaman – Bagian ke-1 – Kaidah Praktis Memahami Fiqih Islami (Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc.)

By  | 

Kajian kaidah fiqih oleh: Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc.

Berikut ini merupakan rekaman dari pelajaran Kaidah Fiqih yang disampaikan oleh Ustadz Kurnaedi pada Kamis pagi, 28 Shafar 1437 / 10 Desember 2015 di Radio Rodja dan RodjaTV. Kajian ini membahas buku “Kaidah-Kaidah Praktis Memahami Fiqih Islami” karya Ustadz Ahmad Sabiq bin Abdul Lathif Abu Yusuf hafidzahullah. Pada pertemuan yang lalu, Ustadz Kurnaedi telah menjelaskan kaidah fiqih yang berbunyi “Hukum Asal Laki-Laki dan Wanita dalam Hukum Syariat adalah Sama“, dan pada pertemua kali ini, beliau akan menyampaikan tentang kaidah fiqih yang menjelaskan tentang “Memenangkan Sisi Pengharaman (Bagian ke-1)“. Semoga bermanfaat.

Ringkasan Kajian Kaidah Praktis Memahami Fiqih Islami

Memenangkan Sisi Pengharaman (Bagian ke-1)

Pada kajian kali ini, Ustadz Kurnaedi akan membahas kaidah fiqih yang berbunyi:

إذا اجتمع مبيح وحاظر غُلِّبَ جانب الحظر احتياطا

“Apabila berkumpul antara yang mubah dan antara yang haram, maka menangkanlah sisi pengharaman dalam rangka kehati-hatian”

Kaidah ini menjelaskan tentang kehati-hatian ketika kita dihadapkan di atara dua hal yang kontradiksi yaitu ada yang mubah/boleh dan ada yang haram. Maka sikap kita seharusnya adalah berhati-hati. Bentuk kehati-hatianya adalah dengan meninggalkan kasus tersebut.

Baca Juga:
Kaidah Fiqih: Bolehnya Mengambil Harta yang Dibolehkan secara Syari'at walaupun dengan Sembunyi-sembunyi - Bait 76 (Ustadz Abu Ya'la Kurnaedi, Lc.)

Silakan simak kajian selengkapnya yang berkaitan dengan kaidah “إذا اجتمع مبيح وحاظر غُلِّبَ جانب الحظر احتياطا” dan contoh penerapannya di dalam rekaman kajian yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi ini. Semoga bermanfaat.

Download Kajian Kaidah Fiqih: Memenangkan Sisi Pengharaman (Bagian ke-1)

Jangan lupa untuk turut membagikan tautan ceramah agama ini ke Jejaring Sosial yang Anda miliki seperti Facebook, Twitter, Google+ dan yang lainnya. Semoga Allah membalas kebaikan Anda dengan pahala yang besar.

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.