Telegram Rodja Official

Al-Qaulul Mufiid

Bab Menghormati Nama-Nama Allah Ta’ala – Bagian ke-1 – Kitab Al-Qaulul Mufid (Ustadz Abu Haidar As-Sundawy)

By  | 

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Haidar As-Sundawy

Berikut ini merupakan rekaman ceramah agama dari pembahasan kitab Al-Qaulul Mufiid, yang disampaikan oleh Ustadz Abu Haidar. Pada pertemuan sebelumnya beliau menjelaskan tentang Bab Menamai Diri dengan Sebutan “Qadhi Al-Qudhat” dan yang Sejenisnya (Bagian ke-2), dan pada ceramah agama ini, beliau akan melanjutkan ke “Bab Menghormati Nama-Nama Allah Ta’ala (Bagian ke-1)“. Ceramah agama ini beliau sampaikan pada Jumat sore, 29 Shafar 1437 / 11 Desember 2015. Semoga bermanfaat.

[sc:status-al-qaulul-mufid-ustadz-abu-haidar-2013]

Ringkasan Kajian Kitab Qaulul Mufid

Bab Menghormati Nama-Nama Allah Ta’ala (Bagian ke-1)

Nama-nama Allah Ta’ala didefinisikan oleh para ulama bahwa nama-nama Allah adalah nama-nama yang Allah tetapkan sebagai nama bagi diriNya, atau yang ditetapkan sebagai nama bagi Allah oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Itulah yang disebut dengan nama Allah. Jadi kita tidak diperbolehkan untuk memberikan nama atau sebutan bagi Allah dengan nama atau sebutan yang kita karang sendiri.

Kita harus menamai Allah dengan nama-nama yang Allah tetapkan sebagai nama bagi diriNya sendiri di dalam Al-Quran atau yang ditetapkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di dalam hadits-haditsnya yang shahih.

Ada beberapa kaidah di dalam memahami nama-nama dan sifat-sifat Allah Ta’ala, di antaranya adalah:

Baca Juga:
Bab Mengingkari Sebagian Nama dan Sifat Allah - Bagian ke-5 - Kitab Al-Qaulul Mufid (Ustadz Abu Haidar As-Sundawy)

– Nama-nama Allah tersebut banyak tapi menunjukan kepada satu Dzat, atau mengandung sinonim. Adanya banyak nama itu bukan berarti Allah berbilang banyak. Nama-nama tersebut maksudnya tertuju hanya kepada satu Dzat.
– Nama-nama Allah, antara nama yang satu dengan yang lainnya mempunyai makna yang berbeda.
– Nama-nama Allah berasal dari kata lain dan mengandung makna sifat, sehingga nama-nama Allah menunjukan kepada dua hal, yaitu zzat dan sifat. Dan antara keduanya (dzat dan sifat) senantiasa selaras.

Simak selengkapnya penjelasan tentang “Bab Menghormati Nama-Nama Allah Ta’ala” di dalam kajian berikut ini yang disampaikan oleh Ustadz Abu Haidar hafidzahulllah melalui rekaman audio yang kami sediakan. Semoga bermanfaat.

Download Kajian Kitab Qaulul Mufid

Jangan lupa untuk turut berbagi link donwload ceramah ini ke Facebook, Twitter, dan Google+, semoga bermanfaat bagi amal kita dan saudara Muslimin kita.

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.