Telegram Rodja Official

Khutbah Jumat

Dahsyatnya Pengaruh Dosa dan Maksiat – Khutbah Jumat (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  | 

Khutbah Jumat oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Download khutbah Jumat yang disampaikan oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam di Masjid Al-Barkah, Komplek Rodja, Kp. Tengah, Cileungsi, Bogor pada Jumat, 28 Rabiul Awwal 1437 / 8 Januari 2016. Pada khutbah jumat ini, beliau menyampaikan tema tentang “Dahsyatnya Pengaruh Dosa dan Maksiat“. Mari kita simak dan download khutbah Jumat ini, semoga bermanfaat.

Alamat Masjid Al-Barkah Cileungsi Bogor

Masjid Jami' Al-Barkah
Jl.Pahlawan, Kampung Tengah,
Belakang Polsek Cileungsi,
Cileungsi, BOGOR

Ringkasan Khutbah Jumat: Dahsyatnya Pengaruh Dosa dan Maksiat

Sesungguhnya dosa memberikan pengaruh yang sangat buruk dalam kehidupan manusia. Pengaruh dosa mencabut keberkahan dalam kehidupan seorang hamba. Dosa pun menyebabkan seorang hamba tidak mengagungkan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Dosa pun memberikan pengaruh yang buruk kepada kehidupan binatang, tanaman, terhadap bebatuan dan yang lainnya. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيقَهُم بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ

“Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).” (QS Ar-Rum [30]: 41)

Baca Juga:
Dosa Besar Kedua Puluh Tujuh hingga Ketiga Puluh: Suami Tidak Cemburu kepada Istrinya, Wanita Menyerupai Laki-Laki dan Sebaliknya, Mempermainkan Pernikahan, hingga Memakan Bangkai, Darah, dan Daging Babi - Kitab Al-Kabair (Syaikh Prof. Dr. 'Abdur Razzaq Al-Badr)

Ketika menafsirkan ayat ini, Ibnu Abbas berkata:

“Yaitu disebabkan oleh dosa-dosa mereka (manusia)”

Dari ayat ini kita bisa mengetahi bahwa dosa-dosa itu menyakiti pepohonan, menyakiti bebatuan, dan yang lainnya. Tidaklah kita lihat hajar aswad yang dijelaskan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa hajar aswad adalah batu dari surga yang awalnya berwarna putih, namun kemudian dihitamkan oleh dosa-dosa anak Adam.

Oleh karena itu, para pendosa (orang-orang yang melakukan banyak dosa) ketika meninggal tidaklah ditangisi oleh langit. Allah berfirman:

فَمَا بَكَتْ عَلَيْهِمُ السَّمَاء وَالْأَرْضُ وَمَا كَانُوا مُنظَرِينَ

“Maka langit dan bumi tidaklah menangisi mereka dan merekapun tidak diberi tangguh.” (QS Ad-Dukhan [44]: 29)

Dan sebaliknya, orang-orang yang bertakwa dan beramal shalih, maka langit menangisi mereka ketika mereka meninggal.

Silakan simak penjelasan selengkapnya dari khutbah Jumat yang singkat namun bermanfaat ini dengan mendownloadnya sekarang juga. Semoga Bermanfaat.

Dengarkan dan Download Khutbah Jumat Masjid Al-Barkah: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Jangan lupa untuk ikut membagikan link download khutbah Jum’at ini, kepada saudara Muslimin kita baik itu melalui Facebook, Twitter, atau Google+ Anda. Semoga Allah membalas kebaikan Anda.

Telegram Rodja Official

1 Comment

    Tinggalkan Balasan

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.