Telegram Rodja Official

Tematik

Takut kepada Allah dengan Gerhana (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

By  |  pukul 11:36 am

Terakhir diperbaharui: Kamis, 10 Maret 2016 pukul 8:29 am

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=19398

Kajian dan Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.

Berikut ini adalah rekaman kajian dan ceramah agama yang disiaran live di Radio Rodja dan Rodja TV pada Rabu, 30 Jumadal Ula 1437 / 9 Maret 2016. Disampaikan oleh Ustadz Ahmad Zainuddin dengan pembahasan “Takut kepada Allah dengan Gerhana“.

(Downlaod juga kajian: Di Balik Keramat Wali Allah (Bagian ke-2) – Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

Ringkasan Kajian dan Ceramah Agama: Takut kepada Allah dengan Gerhana

Maksud dari tema “Takut kepada Allah Gerhana” adalah dengan melihat gerhana, baik itu gerhana matahari atau gerhana bulan maka kita menjadi takut kepada Allah Ta’ala. Takut kepada Allah adalah ibadah yang sangat agung, dan setiap muslim hendaknya mengetahuinya.

Gerhana di dalam bahasa Arab bisa disebut dengan كُسُوْفٌ kusuufun atau خُسُوْفٌ khusuufun.

Jika kedua kata itu dalam keadaan terpisah (sendiri-sendiri), maka maknanya bisa gerhana matahari atau gerhana bulan. Namun, jika kata tersebut bergabung (disebut berbarengan) dalam satu kalimat, maka كُسُوْفٌ maknanya adalah gerhana matahari, sedangkan خُسُوْفٌ maknanya adalah gerhana bulan. Demikianlah yang dijelaskan oleh para ulama, seperti Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah.

Tatkala terjadi gerhana seorang muslim hendaknya timbul di dalam hatinya rasa takut kepada Allah, bukan malam menjadikannya sebagai ajang rekreasi atau yang semisalnya. Fenomena gerhana merupakan salah satu bukti kebesaran Allah Ta’ala yang patut dijadikan pelajaran oleh setiap manusia.

Baca Juga:
Shalat Gerhana Matahari dan Bulan - Kitab Bulughul Maram (Ustadz Zainal Abidin Syamsudin, Lc.)

Tentang fenomena gerhana, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ لا يَخْسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ وَلا لِحَيَاتِهِ، وَلَكِنَّهُمَا آيَةٌ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ، فَإِذَا رَأَيْتُمُوهَا فَصَلُّوا

“Sesungguhnya matahari dan bulan keduanya tidak mengalami gerhana karena kematian seseorang atau lahirnya seseorang. Namun Allah lah yang menciptakan peristiwa gerhana matahari dan bulan itu. Karena itu, jika kalian melihat gerhana, segeralah lakukan shalat” (HR Al-Bukhari).

Simak penjelasan lengkap mengenai “Takut kepada Allah dengan Gerhana” oleh Ustadz Ahmad Zainuddin di dalam rekaman kajian berikut ini.

Download Kajian dan Ceramah Agama: Takut kepada Allah dengan Gerhana

Jangan lupa untuk turut membagikan link download kajian ini ke akun media sosial yang Anda miliki, baik Facebook, Twitter, Google+, atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi yang lain. Barakallahufiikum

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× 7 = 42

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.