Telegram Rodja Official

Kaidah Istiqamah

Hakikat Istiqamah adalah Komitmen di Atas Manhaj yang Lurus – Kitab 10 Kaidah Istiqamah (Ustadz Arman Amri, Lc.)

By  |  pukul 6:10 pm

Terakhir diperbaharui: Selasa, 25 Oktober 2016 pukul 4:17 pm

Tautan: http://rodja.id/d6

Kajian disampaikan oleh: Ustadz Arman Amri, Lc.

Berikut ini merupakan rekaman kajian Kitab 10 Kaidah Istiqamah yang disampaikan oleh Ustadz Arman Amri pada Kamis, 15 Jumadal Akhirah 1437 / 24 Maret 2016 pukul 16:30 – 18:00 WIB di Masjid Al-Barkah, Komplek Radio Rodja. Kitab Kitab 10 Kaidah Istiqamah (عشر قواعد في الاستقامة) merupakan salah satu karya tulis dari Syaikh Prof. Dr. Abdurrazzaq bin Abdul Muhsin Al-Badr hafidzahullah.

Pada kajian kali ini, Ustadz Arman Amri akan menjelaskan tentang bagian mukadimah kitab dan meneruskan ke pada pembahsan tentang “Hakikat Istiqamah adalah Komitmen di Atas Manhaj yang Lurus“.

(Download juga kajian sebelumnya: Istiqamah Merupakan Karunia Ilahi – Ustadz Arman Amri, Lc.)

(Download PDF: Kitab 10 Kaidah tentang Istiqamah – Syaikh Abdurrazaq Al-Badr)

Rekaman video: Ustadz Arman Amri, Lc. – Hakikat Istiqamah adalah Komitmen di Atas Manhaj yang Lurus dari Kitab 10 Kaidah Istiqamah

Ringkasan Kajian: Hakikat Istiqamah adalah Komitmen di Atas Manhaj yang Lurus

Perlu diketahui bahwasanya Allah lah yang memberikan hidayah taufik kepada siapa yang dikehendakiNya dari para hambaNya. Allah memrintahkan hamba-hambaNya agar senantiasa meminta hidayah dan keistiqamahan kepadaNya karena hati manusia senantiasa berbolak-balik, maka dari itu sudah sepantasnya bagi kita untuk senantiasa memohon hidayah dan keistiqomahan kepada Allah.

Baca Juga:
Dalil-Dalil Bahwa Orang-Orang Yang Beriman Melihat Allah di Surga - Kitab Al-Ibanah

Hakikat istiqamah adalah komitmen di atas manhaj yang lurus dan jalan yang lurus. Manhaj yang lurus merupakan metode atau cara beragama yang telah diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada para sahabatnya. Dan merupakan kewajiban bagi setiap muslim untuk mengikuti manhaj Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabatnya.

Para sahabat merupakan panutan kita dalam menjalankan agama Islam. Hal itu karena mereka merupakan orang-orang terbaik yang langsung mendapatkan pendidikan langsung dari manusia terbaik yaitu Nabi Muhammad shallallahu ‘aliahi wa sallam.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَالسَّابِقُونَ الأَوَّلُونَ مِنَ الْمُهَاجِرِينَ وَالأَنصَارِ وَالَّذِينَ اتَّبَعُوهُم بِإِحْسَانٍ رَّضِيَ اللّهُ عَنْهُمْ وَرَضُواْ عَنْهُ وَأَعَدَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي تَحْتَهَا الأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَداً ذَلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

“Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) dari golongan muhajirin dan anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya selama-lamanya. Mereka kekal di dalamnya. Itulah kemenangan yang besar.” (QS At-Taubah [9]: 100)

Simak penjelasan lengkap mengenai “Hakikat Istiqamah” ini di dalam rekaman kajian yang disampaikan oleh Ustad Arman Amri. Lc. Smeoga bermanfaat.

Download Kajian: Hakikat Istiqamah adalah Komitmen di Atas Manhaj yang Lurus

Baca Juga:
Kajian Kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah - Hadits 1445-1449 (Ustadz Badrusalam, Lc.)

Jangan lupa untuk turut menyebarkan link download kajian ini di media sosial yang Anda miliki, baik itu facebook, twitter, google+, atau yang lainnya. Semoga Allah mencatatnya sebagai amal kebaikan.

1 Comment

    Leave a Reply

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    1 + 8 =

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.