Telegram Rodja Official

Al-Ghaayah wa At-Taqriib - Matan Abu Syuja

Bab Muzara’ah – Kitab Matan Abu Syuja’ (Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.)

By  |  pukul 8:10 am

Terakhir diperbaharui: Kamis, 31 Maret 2016 pukul 8:50 am

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=19873

Kajian oleh: Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.

Berikut ini merupakan rekaman kajian kitab Al-Ghayah wa At-Taqrib atau biasa disebut Matan Abu Syuja’, kajian ini mengambil pembahasan khusus yaitu yang berkaitan dengan fiqih mu’amalat. Kitab ini merupakan kitab fiqih Madzhab Syafi’i, karya Syaikh Abu Syuja’ Ahmad bin Al-Husain bin Ahmad Al-Ashfahani rahimahullah.

Kajian ini disampaikan oleh Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A. pada Kamis pagi, 22 Jumadats Tsaniah 1437 / 31 Maret 2016. Pada pertemuan kali ini beliau akan membahas Kitabul Buyu’ yaitu tentang “Bab Muzara’ah“.

Download kajian sebelumnya: Bab Ja’alah / Memberikan Imbalan

(Download juga: kitab Al-Ghayah wa At-Taqrib – Matan Abu Syuja’ – Format PDF)

Ringkasan Kajian Kitab Matan Abu Syuja’

Kitabul Buyu’ (كتاب البيوع) Bab Muzara’ah

Muzara’ah adalah seseorang menyerahkan sawah kepada orang lain sebagai pengelola, lalu si pengelola mengelola sawah tersebut dan ditanami padi. Kemudian si pemilik tanah mensyaratkan sepertiga dari hasil padi adalah miliknya.

Syaikh Abu Syuja’ Ahmad bin Al-Husain bin Ahmad Al-Ashfahani rahimahullah berkata:

وإذا دَفَعَ إلى رَجُل أرضا ليزرَعَها ،وشَرَطَ له جزءا معلوما من رَيْعِهَا لم يَجُز. وإن أكْرَاه إيَّاها بذهب أو فضة أو شَرَطَ له طعاما معلوما في ذمته جاز

Baca Juga:
Bahaya Riba - Khutbah Jumat (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

Jika seseorang menyerahkan tanahnya kepada petani untuk ditanami, lalu dia mensyaratkan hasil dari sebidang tanah tertentu ini untuk si pemilik tanah dan hasil sebidang lainnya untuk si petani, maka hukumnya tidak boleh (menurut Madzab Syafi’i).

Jika pemilik tanah menyewakan tanah tersebut kepada pengelola dengan emas atau perak, atau mensyaratkan kepadanya sejumlah makanan tertentu dalam tanggungannya, maka ini hukumnya boleh.

Simak selengkapnya penjelasan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan permasalahan “Bab Muzaraah” ini bersama Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi. Semoga bermanfaat.

Download Kajian Kitab Matan Abu Syuja’ (Kitabul Buyu’) – Bab Muzara’ah

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link download kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × = 6

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.