Select Page

Cara Bertaubat dari Harta Haram dan Muamalah dengan Pemilik Harta Haram – Harta Haram Muamalat Kontemporer (Ustadz DR Erwandi Tarmizi, M.A.)

Radio RodjaDownloadKajianUstadz Erwandi TarmiziHarta Haram Muamalat KontemporerCara Bertaubat dari Harta Haram dan Muamalah dengan Pemilik Harta Haram – Harta Haram Muamalat Kontemporer (Ustadz DR Erwandi Tarmizi, M.A.)

Cara Bertaubat dari Harta Haram dan Muamalah dengan Pemilik Harta Haram – Harta Haram Muamalat Kontemporer (Ustadz DR Erwandi Tarmizi, M.A.)

Terakhir diperbaharui: Rabu, 15 Safar 1435 / 18 Desember 2013 pukul 10:09
Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=4695

Kajian oleh: Ustadz DR Erwandi Tarmizi, M.A.

Alhamdulillah, dapat kita lanjutkan kajian Harta Haram Muamalat Kontemporer pada Senin malam, 13 Shafar 1435 / 16 Desember 2013, ba’da Maghrib hingga dilanjut setelah shalat Isya’ di Masjid Al-Barkah, dan alhamdulillah pula kita dapat download rekaman kajian ini. Ustadz Erwandi Tarmizi setelah menjelaskan pada pertemuan yang lalu tentang Cara Bertaubat dari Harta Haram, dan kini masih melanjutkan tema tersebut dan Muamalah kepada Pemilik Harta Haram.

Program Harta Haram Muamalat Kontemporer - Ustadz DR Erwandi Tarmizi, M.A. di Radio Rodja dan RodjaTV

Simak program ini di Radio Rodja dan RodjaTV setiap:

Senin malam, ba'da Maghrib - ba'da Isya' (18:00-19:30 WIB)



Status program Harta Haram Muamalat Kontemporer: TELAH SELESAI

Dilanjutkan dengan Kajian Hal yang Penting Diketahui setiap Pengusaha Muslim.

Untuk memperoleh keutamaan menuntut ilmu, silakan Anda dapat turut hadir langsung pada kajian ini di: Masjid Jami' Al-Barkah, Jl.Pahlawan, Kp. Tengah, belakang Polsek Cileungsi, Cileungsi, Bogor

Ringkasan Kajian Harta Haram Muamalat Kontemporer: Cara Bertaubat dari Harta Haram dan Muamalah dengan Pemilik Harta Haram

Pada pertemuan sebelumnya, pada bab bertaubat dari harta haram tentang bagaimana pertaubatan seseorang dari harta yang didapatkan dengan cara pihak kedua (lawan transaksi) tidak meridhai, dan Allah tidak rela (tidak ridha) dengan transaksi tersebut.

Sekarang, bila lawan transaksinya menyetujui, rela, atau ridha, tetapi akadnya adalah akad yang diharamkan, seperti akad riba, akad yang mengandung unsur gharar, sewa-menyewa dengan objek sewa-menyewa berupa sesuatu yang diharamkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Mereka, yakni si peminjam, setuju untuk dan rela membayar riba, karena merasa “tidak ada masalah”, kebutuhan tertutupi dalam waktu sesingkat mungkin, sehingga rela memberikan kompensasi dalam bentuk pertambahan. Yang memberikan pinjaman yakni yang mendapat pertambahan ini tentu lebih rela lagi. Apakah kerelaan mereka berdua ini menjadi halal? Maka sering kita katakan, Tidak, karena Allah tidak meridhainya, tidak merelakan perbuatan mereka. Bila bertaubat, maka apa konsekuensinya?

Kalau yang membayar riba, yakni dia sebagai pihak yang dirugikan, seperti membeli dengan tidak tunai, dia hanya punya uang DP untuk dibayar ke penjual, dan meminjam uang orang lain dengan ada pertambahan bentuk bunga / penalty, maka pembeli ini didzalimi, dia yang dirugikan, dia yang membayar riba. Ketika dia bertaubat, apa yang dia lakukan?

Simak ulasannya dengan download rekaman kajian ini atau dengarkan langsung melalui player yang tersedia.

Download Kajian Fiqih Muamalah – Harta Haram Muamalat Kontemporer

Silakan bagikan tautan ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Jazakumullahu khoiron.

, , , , ,

About The Author

Menebar Cahaya Sunnah

4 Comments

  1. Ramon Raminan

    Assalamualaikum warohmatullohi wabarokaatuh, saya ingin bertanya tentang pekerjaan saya. Saya bekerja di sebuah anak perusahaan bank konvensional sebagai proyek manager yang proyek2nya mengerjakan bangunan bank konvensional tersebut, apakah profesi saya ini bertentangan dengan syariat agama ?

    Balas
    • Abu Azka

      Wa’alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh, mohon maaf kami tidak bisa menjawabnya melalui fasilitas komentar di web. Ahsannya antum bisa menanyakan langsung pada kajian Muamalat Kontemporer yang dibimbing oleh Ustadz DR Erwandi Tarmizi setiap hari senin ba’da maghrib atau hari kamis jam 5 pagi. Syukron, semoga Allah senantiasa memberikan kemudahan kepada kita.

      Balas
  2. Wardi

    Assalamu’alaikum. Sy akhir2 ini suka sekali mendengarkan radio Rodja. Sy sedang mempunyai masalah yang benar2 mengganggu hidup saya. Saya terblilit oleh seorang rentenir. Sy pernah pinjam dana, ada perjanjiannya di depan notaris. Sy sudah mengembalikan semua dana yg sy pinjam, bahkan sudah melebihi dari pokonya. Tapi dia ngejar terus agar sy membayar semua tunggakan bunganya, dimana itu diluar kemampuan saya. Mohon solusi. Kalo ada uztad yg berkenan, sy ingin ketemu langsung, ingin menceritakan apa yg sedang sy alami.Mhn ada yg mereply email dari saya. Terima kasih

    Balas
    • Abu Azka

      Wa’alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh, jika ingin bertemu dengan ustadz silahkan untuk bisa menghadiri majelis ustadz yang ingin antum temui. Semoga Allah memberikan kemudahan untuk kita semua.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Waktu

Jakarta:
Mekkah:

Radio Streaming

Server Internasional High Quality

Status: ONLINE | Bitrate: 128 kbps | Pendengar: 392 | Maksimal: 3072

Server Internasional Low Quality

Status: ONLINE | Bitrate: 24 kbps | Pendengar: 36 | Maksimal: 3072

Server Indonesia High Quality

Status: ONLINE | Bitrate: 128 kbps | Pendengar: 108 | Maksimal: 2000

Server Indonesia Low Quality

Status: ONLINE | Bitrate: 24 kbps | Pendengar: 62 | Maksimal: 2000

Audio RodjaTV High Quality

Status: ONLINE | Bitrate: 130 kbps | Pendengar: 180 | Maksimal: 2000

Jadwal Acara

Jadwal Hari Selasa

00:00 — 01:00 Murottal, Bumper, Mutiara Nasihat

01:00 — 02:00 AsatidzKajian TematikRekaman

02:00 — 05:30 Murottal, Bumper, Mutiara Nasihat

05:30 — 07:00 Ustadz Arman Amri, LcAqidah Prioritas UtamaLIVE dari Bogor

07:00 — 08:00 Murottal, Bumper, Mutiara Nasihat

09:00 — 10:00 Murottal, Bumper, Mutiara Nasihat

10:00 — 11:30 Ustadz Firdaus SanusiBimbingan Keluarga SakinahLIVE dari Studio Rodja TV

11:30 — 13:00 Murottal, Bumper, Mutiara Nasihat

13:00 — 14:30 Ustadz Hamzah AbbasBimbingan Bahasa Arab Jilid 2Rekaman

14:30 — 16:30 Murottal, Bumper, Mutiara Nasihat

16:30 — 18:00 Ustadz Abdul Hakim bin Amir AbdatKajian TematikRekaman

18:00 — 19:00 Ustadz Abu Yahya Badrusalam, LcTafsir Al MuyassarLIVE dari Masjid Al Barkah Cileungsi

19:00 — 20:00 Murottal, Bumper, Mutiara Nasihat

20:00 — 21:30 Ustadz Ali SubanaBimbingan Tilawah Al Qur'an dan TajwidLIVE dari Studio Rodja TV

21:30 — 22:00 Murottal, Bumper, Mutiara Nasihat

22:00 — 23:30 AsatidzKajian TematikRekaman

23:30 — 00:00 Murottal, Bumper, Mutiara Nasihat

Arsip