Telegram Rodja Official

Tematik

Sikap Muslim dalam Menghadapi Musibah (Ustadz Fariq Gasim Anuz)

By  | 

Notice: Undefined variable: PodpressSettings in /home/radiorod/public_html/wp-content/plugins/powerpress/powerpress.php on line 3565

Kajian oleh: Ustadz Fariq Gasim Anuz

Berikut ini audio rekaman kajian yang disampaikan oleh Ustadz Fariq Gasim Anuz hafidzahullah dengan tema “Sikap Muslim dalam Menghadapi Musibah“. Kajian yang sangat penting yang menjelaskan kepada kita bagaimana seharusnya sikap seorang muslim dalam menghadapi musibah yang menimpanya. Semoga bermanfaat.

Ringkasan Kajian: Sikap Muslim dalam Menghadapi Musibah

Sesungguhnya dalam kehidupan dunia ini tidak lepas dari ujian dan cobaan serta musibah yang menimpa kita. Berikut ini beberapa ayat di dalam Al-Quran yang menyebutkan ujian dan cobaan.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَوفْ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الأَمَوَالِ وَالأنفُسِ وَالثَّمَرَاتِ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ، الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُم مُّصِيبَةٌ قَالُواْ إِنَّا لِلّهِ وَإِنَّـا إِلَيْهِ رَاجِعونَ، أُولَـئِكَ عَلَيْهِمْ صَلَوَاتٌ مِّن رَّبِّهِمْ وَرَحْمَةٌ وَأُولَـئِكَ هُمُ الْمُهْتَدُونَ، أُولَـئِكَ عَلَيْهِمْ صَلَوَاتٌ مِّن رَّبِّهِمْ وَرَحْمَةٌ وَأُولَـئِكَ هُمُ الْمُهْتَدُونَ

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (Yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun“. Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS Al-Baqarah [2]: 155-157)

Baca Juga:
Di Balik Perceraian (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

Di ayat yang lainnya, Allah Subhanahu wa Ta’ala juga berfirman:

أَحَسِبَ النَّاسُ أَن يُتْرَكُوا أَن يَقُولُوا آمَنَّا وَهُمْ لَا يُفْتَنُونَ، وَلَقَدْ فَتَنَّا الَّذِينَ مِن قَبْلِهِمْ فَلَيَعْلَمَنَّ اللَّهُ الَّذِينَ صَدَقُوا وَلَيَعْلَمَنَّ الْكَاذِبِينَ

“Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan : “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sesungguhnya kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.” (QS Al-ANkabut [29]: 2-3)

Dan juga firmanNya:

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ وَنَبْلُوكُم بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فِتْنَةً وَإِلَيْنَا تُرْجَعُونَ

“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan.” (QS Al-Anbiya [21]: 35)

Kehidupan kita sebagai manusia tidak akan lepas dari yang namanya cobaan, ujian, dan musibah. Karena hal itu sudah ditentukan oleh Allah Ta’ala.

Lalu bagaimana kiat-kiat kita dalam menghadapi musibah?

Simak penjelasan lengkapnya mengenai “Sikap Muslim dalam Menghadapi Musibah” di dalam rekaman kajian yang disampaikan oleh Ustadz Fariq Gasim Anuz berikut ini.

Download dan Dengarkan Kajian: Sikap Muslim dalam Menghadapi Musibah – Ustadz Fariq Gasim Anuz

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link download kajian yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Baca Juga:
Semangat Para Ulama dalam Mempelajari Bahasa Arab (Ustadz Muhammad Nuzul Dzikry, Lc.)
Telegram Rodja Official

2 Comments

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.