Telegram Rodja Official

Fiqhul Usrah / Fiqih Keluarga

Perbaikan dalam Rumah Tangga: Memilih Istri yang Shalihah – 31 Agustus 2013 (Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.)

By  |  pukul 9:05 am

Terakhir diperbaharui: Rabu, 22 Juni 2016 pukul 9:46 am

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=2628

Kajian tema rumah tangga oleh: Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.

Kajian yang disampaikan oleh Al-Ustadz Kholid Syamhudi secara rutin dalam seri kajian Fiqhul Usrah yang disiarkan di Radio Rodja dan RodjaTV. Dan rekaman kali ini merupakan siaran live pada Sabtu, 24 Syawwal 1434 / 31 Agustus 2013, pukul 08:00-09:00 WIB, dengan pembahasan “Perbaikan dalam Rumah Tangga, dengan subpembahasan tentang “Memilih Istri yang Shalihah“.

Ringkasan Kajian Seri Perbaikan Rumah Tangga

Kita masih meneruskan kajian yang sebelumnya dalam Seri Perbaikan Rumah Tangga yang merupakan perkara yang dibutuhkan saat ini oleh banyak kaum Muslimin. Semoga kita mampu memperbaiki yang ada dari yang rusak menjadi tidak rusak, yang tidak rusak menjadi lebih baik lagi, dan yang lebih baik bisa menjadi sempurna kembali dengan kita berpegang teguh terus kepada tuntunan syariat yang sudah dijelaskan oleh Allah dalam Al-Qur’an dan RasulNya dalam Sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, dan para ulama yang memberikan nasihat juga kesimpulan-kesimpulan hasil penelitian mereka terhadap Al-Qur’an dan Sunnah seputar perbaikan rumah tangga adalah jalbul mashalih wadar-ul mafasid (جلب المصالح ودرء المفاسد), mewujudkan kemaslahatan (dunia-akhirat) dan menghilangkan (dan mencegah) semua mafsadat / kerusakan (baik bersifat duniawi maupun ukhrowi)mendapatkan maslahat dan menghilangkan mafsadat yang ada.

Baca Juga:
Anak Dan Penanaman Dasar-Dasar Keimanan

Dari pembahasan ini, para ulama rahimahullahu Ta’ala menyampaikan beberapa nasihat, yang merupakan sarana kita dalam memperbaiki rumah tangga, di mana susah mendapatkan rumah tangga yang sempurna dewasa ini, sehingga mengenal wasilah / sarana untuk memperbaiki rumah tangga ini sangat penting.

Para ulama rahimahullahu Ta’ala saran mereka kepada kita semua, dengan melakukan penangkalan pertama, yaitu husnu ikhtiyariz zaujah (حسن اختيار الزوجة), baiknya dalam memilih istri. Oleh karena itu, semua orang ingin memiliki rumah tangga yang baik, maka kewajiban yang pertama adalah memiliki untuk calon anak-anaknya dengan ibu-ibu yang muslimah, yang shalihah, yang mengenal hak Allah Subhanahu wa Ta’ala, yang mengenal hak suaminya, yang mengenal hak anak-anaknya, yang memiliki ghirah / semangat (kecemburuan) dalam agamanya, semangat untuk mengamalkan sunnah-sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, semangat untuk beramal sebanyak-banyaknya dengan terus belajar ilmu yang manfaat.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

ليتخذ أحدكم قلبا شاكرا ولسانا ذاكرا وزوجة صالحة تعينه على أمر الآخرة

Hendaknya salah seorang kalian mendapatkan hati yang penuh dengan syukur, lisan yang senantiasa berdzikir kepada Allah, dan istri yang shalihah yang membantunya dalam urusan akhirat.

Download Kajian Tema Rumah Tangga: Memilih Istri yang Shalihah – Ustadz Kholid Syamhudi

Bagikan kepada saudara dan teman Anda di Facebook, Google+, dan Twitter.

Baca Juga:
Kiat Sukses Dalam Mendidik Anak

5 Comments

  1. Hidayat

    Kamis, 16 Juni 2016 at 10:17 AM

    Bismillah, afwan admin kok gak ada link untuk download kajian ini, harap diperiksa

    • Radio Rodja

      Rabu, 22 Juni 2016 at 9:54 AM

      Syukran atas masukannya, Alhamdulillah sudah kami periksa dan perbaiki linknya.

  2. ardi

    Senin, 14 Oktober 2013 at 8:05 AM

    Assalamu’alaikum. Ustadz, Mohon Nasehatnya. Saudara Perempuan saya sudah menikah. Suaminya InsyaAlloh agamanya baik, beliau juga sering memberikan ceramah di atas mimbar. Akan tetapi, lisannya, ucapannya terhadap istri sangat kasar. Baik ketika di rumah, maupun di tempat umum, di depan anak2 ataupun orang lain. Setiap berkata-kata kepada Istrinya, suaminya itu tidak pernah jauh dari memerintah, mencela, menghardik, hingga merendahkan. Hal ini karna sang suami pintar mencari uang, sementara sang istri tidak mempunyai penghasilan satu sen pun, kecuali dengan meminta dari suaminya. Dengan kondisi yang seperti ini, membuat saudara saya seperti berputus asa. Dengan segala keburukan akhlak suaminya, ia tidak dapat ridho dengan suaminya itu. Sedang bila bercerai, ia bingung memikirkan ke empat orang anak2ny. Terlebih lagi suaminya yang disebut Ustadz tsb sering mengatakan istri/perempuan banyak yang di neraka. Hal ini membuat saudara saya berpikir apakah Alloh menciptakan wanita untuk menderita? Di dunia, ia menderita bathin, hati dan psikisnya akibat ulah suaminya sendiri. Sementara di akhirat ia akan di panggang di neraka. Mohon nasehat Ustad untuk menenangkan saudara perempuan saya, (dan mungkin juga banyak dialami oleh istri2 muslimah lainnya) syukron.

    • Radio Rodja

      Selasa, 02 September 2014 at 11:05 AM

      Wa’alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh, mohon maaf, untuk pertanyaan yang berkaitan dengan masalah agama silakan langsung ditanyakan kepada para pemateri ketika kajian sedang berlangsung, pada sesi tanya jawab. Syukran

  3. Radio Rodja

    Senin, 09 September 2013 at 1:02 PM

    Bagi yang mengalami gangguan saat mendownload, mohon maaf, silakan utk dicoba kembali.
    Alhamdulillah, sudah kami koreksi kembali untuk tautan downloadnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

28 ÷ = 7

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.