Telegram Rodja Official

Kaidah Bid’ah Lebih Berbahaya daripada Maksiat – Bagian ke-2 (Ustadz Kurnaedi, Lc.)

By  |  pukul 1:00 pm

Terakhir diperbaharui: Kamis, 09 Rajab 1438 / 06 April 2017 pukul 11:18 am

Tautan: http://rodja.id/12y

Kajian Islam oleh: Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc.

Berikut ini merupakan rekaman kajian kitab “الإصباح في بيان منهج السلف في التربية والإصلاح” atau biasa disebut dengan “Al-Ishbah fi Bayani Manhajis Salaf fi Tarbiyah wal Ishlah” karya Syaikh Abdullah bin Shalih Al-‘Ubailan hafidzahullah, yang disampaikan oleh Ustadz Kurnaedi, Lc.. Kitab ini berisi penjelasan tentang kaidah-kaidah Manhaj Salaf dalam tarbiyah dan islah (perbaikan). Kajian ini disampaikan di Radio Rodja dan RodjaTV, pada Kamis pagi, 2 Rajab 1438 / 30 Maret 2017.

Pada kajian kali ini Ustadz Kurnaedi akan menyampaikan pembahasan tentang “Kaidah Bid’ah Lebih Berbahaya daripada Maksiat (Bagian ke-2)“. Semoga bermanfaat.

Download juga kajian sebelumnya: Kaidah Bid’ah Lebih Berbahaya daripada Maksiat (Bagian ke-1)

Ringkasan Kajian Kaidah manhaj Salaf dalam Tarbiyah dan Islah: Kaidah Bid’ah Lebih Berbahaya daripada Maksiat (Bagian ke-2)

Kaidah yang akan dibahas kali ini adalah kaidah yang berbunyi:

Baca Juga:  Kisah Khalifah Abu Bakar Ash-Shidiq radhiyallahu 'anhu - Bagian ke-6 - Faedah Sejarah Islam (Ustadz Dr. Ali Musri, M.A.)

“Bid’ah itu lebih berbahaya daripada maksiat”

Ahlussunnah berkeyakinan bahwa mengikuti hawa nafsu dalam masalah agama (mengikuti bid’ah) itu lebih berbahaya dari mengikuti hawa nafsu dalam masalah maksiat.

Di antara dalil yang menyebutkan tentang masalah ini adalah firman Allah Ta’ala:

فَإِن لَّمْ يَسْتَجِيبُوا لَكَ فَاعْلَمْ أَنَّمَا يَتَّبِعُونَ أَهْوَاءهُمْ وَمَنْ أَضَلُّ مِمَّنِ اتَّبَعَ هَوَاهُ بِغَيْرِ هُدًى مِّنَ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الظَّالِمِينَ

“Maka jika mereka tidak menjawab (tantanganmu) ketahuilah bahwa sesungguhnya mereka hanyalah mengikuti hawa nafsu mereka (belaka). Dan siapakah yang lebih sesat daripada orang yang mengikuti hawa nafsunya dengan tidak mendapat petunjuk dari Allah sedikitpun. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim.” (QS AL-Qashahs: 53)

Baca Juga:  Tanda-Tanda Kiamat Kecil yang Sedang Berlangsung - Bagian ke-16 - Aqidah Prioritas Utama (Ustadz Arman Amri, Lc.)

Bagaimana penjelasan lengkap mengenai pembahasan ini? Simak selengkapnya melalui rekaman kajian berikut ini. Semoga bermanfaat.

Download Kajian Kaidah manhaj Salaf dalam Tarbiyah dan Islah: Kaidah Bid’ah Lebih Berbahaya daripada Maksiat (Bagian ke-2)


Mari raih pahala dan kebaikan dengan membagikan tautan ceramah agama ini ke Jejaring Sosial yang Anda miliki seperti Facebook, Twitter, Google+ dan yang lainnya. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.