Telegram Rodja Official

Jangan Bergantung kepada Makhluk – Kitab Al-‘Ubudiyah (Ustadz Abdullah Taslim, M.A.)

By  |  pukul 10:16 am

Terakhir diperbaharui: Kamis, 08 Sya'ban 1438 / 04 Mei 2017 pukul 1:50 pm

Tautan: http://rodja.id/18e

Kajian Kitab oleh: Ustadz Abdullah Taslim, M.A.

Berikut ini merupakan rekaman kajian kitab “العبودية (Al-Ubudiyah)” karya Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah. Kitab ini membahas berbagai permasalahan yang berkaitan dengan ibadah dan penghambaan diri. Kajian ini disampaikan oleh Ustadz Abdullah Taslim pada Kamis pagi, 7 Sya’ban 1438 / 4 Mei 2017.

Pada kajian kali ini beliau akan menyampaikan sebuah pembahasan mengenai “Bergantung dan Bersandar Hanya kepada Allah“. Untuk mendapatkan Kitab Al-‘Ubudiyah versi PDF silakan download di sini.

Download juga kajian: sebelumnya Bergantung dan Bersandar Hanya kepada Allah

Ringkasan Kajian Kitab Al-Ubudiyah: Jangan Bergantung kepada Makhluk

Setiap orang yang menggantungkan hatinya kepada makhluk, agar makhluk itu menolongnya, memberikan rizki kepadanya, atau memberikan petunjuk kepadanya, maka otomatis hatinya akan tunduk kepada makhluk tersebut. Dan di dalam hatinya akan tunduk kepada makhluk tersebut.

Baca Juga:  Bab Iman Akan Kembali ke Kota Madinah dan Iman Itu Yaman

Di dalam hatinya pula akan terbentuk penghambaan diri kepada makhluk itu sesuai dengan ketergantungan hatinya tersebut meskipun secara zahir kenyataanya dia adalah pemimpin mereka.

Jadi meskipun secara zahirnya dia adalah pemimpin, akan tetapi ketika hatinya bergantung kepada bawahannya, maka saat itu sejatinya dia adalah bawahan dari orang-orang yang dipimpinnya tersebut.

Apa saja yang ada di sekitar kita bisa itu bisa memperbudak diri kita dan bisa menjadikan hati kita bergantung kepadanya. Padahal makhluk yang ada di sekitar kita sesempurna apapun dia, maka dia tetaplah makhluk yang penuh dengan kekurangannya.

Maka ketika hati bergantung kepadanya, pasti nanti kekecewaan akan diraihnya. Tidak seperti orang yang menggantungkan hatinya kepada Allah semata.

Baca Juga:  Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah: Hadits ke-752 hingga ke-758 - TPP: Berilmu dan Beramal sebelum Zaman Fitnah; Menjual Agama untuk Dunia (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

Simak penjelasan selengkapnya mengenai hal ini di dalam rekaman kajian berikut ini. Semoga bermanfaat.

Download Kajian Kitab Al-Ubudiyah: Jangan Bergantung kepada Makhluk


Jangan lupa untuk turut menyebarkan kebaikan dengan membagikan link ceramah agama ini ke Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda semua.

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.