Al-Ibanah

10 Sahabat Nabi yang Dijamin Masuk Surga – Kitab Al-Ibanah (Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A.)

By  | 

Pengajian Islam oleh: Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A.

Berikut ini adalah rekaman pengajian Islam yang membahas masalah aqidah ahlussunnah wal jamaah. Pengajian ini disampaikan oleh Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan dari kitab الإبانة عن أصول الديانة Al-Ibanah ‘an Ushul ad-Diyanah atau ada juga yang menyebutnya dengan al-Ibanah fi Ushul ad-Diyanah, karya seorang ulama besar yang bernama Syaikh Imam Abul Hasan Ali bin Ismail al-Asy’ari rahimahullah atau terkenal dengan sebutan Imam Abul Hasan al-Asy’ari rahimahullah.

Pengajian ini disampaikan pada Jumat, 8 Syaban 1438 / 5 Mei 2017. Pada pertemuan kali ini, Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan akan membahas tentang “10 Sahabat Nabi yang Dijamin Masuk Surga“.

Download juga pengajian sebelumnya: Kecintaan Ahlussunnah kepada Sahabat Nabi

Ringkasan Pengajian Kitab Al-Ibanah: 10 Sahabat Nabi yang Dijamin Masuk Surga

Kaum muslimin meyakini bahwa para sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam merupakan manusia paling mulia setelah para nabi. Oleh karena itu wajib bagi kita mencintai mereka, mendoakan kebaikan, dan mkenyebarkan tentang keutamaan mereka kepada kaum muslimin yang lainnya.

Mereka mempunyai kedudukan di sisi Allah yang sangat tinggi walaupun satu dengan yang lainnya berbeda-beda tingkatannya. Namun intinya mereka merupakan orang-orang terbaik yang dipilih oleh Allah untuk menyertai dan menemani Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Yang paling mulia di antara mereka adalah khulafaur rasyidin, kemudian orang-orang yang dijamin masuk surga, dan generasi yang berikutnya.

Ahlussunnah meyakini surga bagi 10 sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang dijamin masuk surga oleh Allah Ta’ala. Adapun mereka yang tidak mendapat jaminan tersebut, maka kita harus meyakini bahwa mereka diridhai oleh Allah. Ridha Allah inilah yang sebagai jaminan bahwasanya mereka merupakan generaso pilihan dan semoga balasan surga atas mereka kelak di hari kiamat.

Di antara 10 orang sahabat yang dijamin masuk surga adalah Abu Bakar Ash-Shiddiq, Umar bin Khaththab, Utsman bin Affan, Ali bin Abi Thalib, Abdurrahman bin Auf, Az-Zubair bin Awwam, Sa’ad bin Abi Waqqash, Sa’id bin Zaid, Abu Ubaidah Al-Jarrah, dan Thalhah bin Ubaidillah radhiyallahu ‘anhum.

Simak selengkapnya pembahasan mengenai “10 Sahabat Nabi yang Dijamin Masuk Surga” di dalam rekaman kajian berikut ini. Semoga bermanfaat.

Dengarkan dan Download Pengajian: 10 Sahabat Nabi yang Dijamin Masuk Surga


Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link download pengajian yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Tinggalkan Balasan

0:00
0:00