Telegram Rodja Official

Jual Beli Tidak Sah Apabila Barang dan Harganya Tidak Jelas – Kitab Zadul Mustaqni (Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.)

By  |  pukul 8:42 am

Terakhir diperbaharui: Minggu, 05 Shafar 1440 / 14 Oktober 2018 pukul 1:15 pm

Tautan: http://rodja.id/1bs

Kajian oleh: Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.

Berikut ini merupakan rekaman kajian kitab زاد المستقنع في اختصار المقنع atau populer dengan sebutan Kitab Zadul Mustaqni, kajian ini mengambil pembahasan khusus yaitu yang berkaitan dengan Jual Beli. Kitab ini merupakan kitab fiqih Madzhab Hanbali, karya Syaikh Syarifuddin Abu Naja Musa bin Ahmad Al-Hajawi rahimahullah dan merupakan ringkasan dari Kitab Al-Muqni karya Ibnu Qudamah rahimahullah.

Kajian ini disampaikan oleh Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A. pada Kamis pagi, 28 Syaban 1438 / 25 Mei 2017. Pada pertemuan kali ini beliau akan membahas Kitab Jual Beli yaitu tentang “Jual Beli Tidak Sah Apabila Barang dan Harganya Tidak Jelas“.

Download kajian sebelumnya: Hukum Jual Beli Kepala, Kulit, dan Gajih Hewan

Baca Juga:  Harta Haram Muamalat Kontemporer: Perdagangan Saham - Aplikasi Riba Jual-beli (Ustadz DR Erwandi Tarmizi, M.A.)

(Download juga: kitab Kitab Zadul Mustaqni – Format PDF)
di sini

Ringkasan Kajian Kitab Zadul Mustaqni (Kitab Jual Beli) – Jual Beli Tidak Sah Apabila Barang dan Harganya Tidak Jelas

Salah satu syarat dalam jual beli adalah harga barang harus jelas dan diketahui. Sebagian para ulama menjelaskan bahwa harga tidak mesti dengan mata uang. Karena di sebagian daerah ada yang menggunakan tolak ukurnya adalah barang tapi ada juga dengan mata uang.

Adapun jika harganya menggunakan mata uang maka harganya harus jelas. Dan hal ini sangat penting diketahui oleh setiap orang yang melakukan transaksi atau muamalah jual beli.

Salah satu contoh dari kasus ini adalah apabila seseorang menjual kain, seonggok makanan, atau segerombolan hewan dengan harga setiap satu hasta kain satu dirham, atau seonggok makanan dengan satu dirham, atau setiap kambing satu dirham (tanpa tahu berapa jumlah keseluruhannya).

Baca Juga:  Hukum seputar Jual Beli - Kitab 'Umdatul Ahkam - Kajian Masjid Nabawi (Ustadz Abu 'Abdil Muhsin Firanda Andirja, M.A.)

Maka hal ini banyak ketidakjelasan pada barang/objek yang dijual, maka dari itu ketika menjual harus dipastikan jelas objek barangnya dan juga jelas harganya. Apabila harga dan objeknya tidak jelas maka akad jual belinya tidak sah.

Simak penjelasan lengkapnya mengenai syarat jual beli ini di dalam rekaman kajian yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A. berikut ini. Semoga bermanfaat.

Download Kajian Kitab Zadul Mustaqni (Kitab Jual Beli) – Jual Beli Tidak Sah Apabila Barang dan Harganya Tidak Jelas


Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link download kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Baca Juga:  Penjelasan tentang Luqathah / Barang Temuan - Kitab 'Umdatul Ahkam - Kajian Masjid Nabawi (Ustadz Abu 'Abdil Muhsin Firanda Andirja, M.A.)
Telegram Rodja Official

5 Comments

  1. arif

    Minggu, 05 Shafar 1440 / 14 Oktober 2018 at 04:02

    link download sebelah mana ya? syukron

    • Admin Radio Rodja

      Selasa, 07 Shafar 1440 / 16 Oktober 2018 at 13:59

      Afwan untuk kajian ini kemarin sempat eror. Sekarang sudah diperbaiki. Jazakallah khair..

  2. Damar

    Senin, 30 Dzulhijjah 1439 / 10 September 2018 at 19:42

    Mana Link Downloadnya ?

    • Admin Radio Rodja

      Rabu, 02 Muharram 1440 / 12 September 2018 at 07:59

      Sudah diperbaiki akh. Silahkan dicoba kembali.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.