Masjid Al-Barkah

Fiqih Wanita

Mukadimah Hukum-Hukum Khusus Sholat Bagi Wanita – Tuntunan Praktis Fiqih Wanita (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

By  |  pukul 10:25 am

Terakhir diperbaharui: Selasa, 10 Oktober 2017 pukul 8:07 am

Tautan: http://rodja.id/rodjaidsholatwanita1

Kajian Islam oleh: Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.

Berikut ini adalah rekaman kajian dan ceramah agama dengan judul “Hukum Khusus Tentang Sholat Wanita – Bagian ke-1” yang disiaran live di Radio Rodja dan Rodja TV pada Rabu pagi, 10 Syawwal 1438 H / 05 Juli 2017. Kajian ini membahas Kitab “تنبيهات على أحكام تختص بالمؤمناتTanbiihaat ‘alaa Ahkaamin Takhtashshu bil Mu’minaat atau dalam bahasa Indonesia biasa disebut dengan “Tuntunan Praktis Fiqih Wanita” yang merupakan karya Syaikh Dr. Shalih bin Fauzan Al-Fauzan hafidzahullah.

Kajian ini disampaikan oleh Ustadz Ahmad Zainuddin dengan pembahasan mengenai “Hukum Khusus Tentang Sholat Wanita (Bagian ke-1 Mukadimah)“. Kajian ini lebih membahas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan hukum khusus tentang sholat wanita.

Ringkasan Kajian Kitab Tuntunan Praktis Fiqih Wanita: Hukum Khusus Tentang Sholat Wanita (Bagian ke-1)

Pengertian Hukum dan Sholat 
Hukum adalah redaksi dari Allah baik itu berupa perintah, larangan ataupun berupa pilihan yang berkaitan dengan perbuatan hamba-hamba yang dibebankan beribadah kepada Allah. Maksud dari pengertian ini bahwa hukum itu adalah sesuatu yang diperintahkan oleh Allah baik itu berupa perintah ataupun larangan. Baik didalam perintah itu tidak ada pilihan lain atau ada pilihan lain.

Baca Juga:
50 Nasihat untuk Para Wanita - Bagian ke-2 (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

Sholat secara bahasa adalah do’a. Sebagaimana yang disebutkan oleh Allah dalam surat At-Taubah ayat 103.

خُذْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِم بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۖ إِنَّ صَلَاتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْ ۗ وَاللَّـهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ ﴿١٠٣﴾

Artinya: Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendo’alah untuk mereka. Sesungguhnya do’a kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Sedangkan sholat secara istilah adalah ibadah kepada Allah yang memiliki ucapan, perbuatan yang khusus dan sudah diketahui yaitu dimulai dengan takbiaratul ikhram dan ditutup dngan mengucapkan salam.

Sholat dinamakan sholat karena didalamnya seluruhnya do’a. Didalam sholat terdapat dua jenis do’a. Do’a yang pertama do’a masalah, yaitu seorang yang berdo’a meminta apa yang baik untuknya di dunia dan di akhirat atau meminta untuk dijauhkan darinya keburukan di dunia atau di akhirat. Do’a ibadah, yaitu meminta pahala dengan amal-amal sholeh. Dan didalam sholat terdapat kedua do’a ini.


Hukum Khusus Sholat Bagi Wanita

Hendaknya seorang wanita muslimah memelihara waktu-waktu sholat dengan memenuhi syarta, rukun dah hal-hal yang diwajibkannya. Karena hal ini merupakan perintah dari Allah SWT, Surat Al-Baqoroh ayat 238.

حَافِظُوا عَلَى الصَّلَوَاتِ وَالصَّلَاةِ الْوُسْطَىٰ وَقُومُوا لِلَّـهِ قَانِتِينَ ﴿٢٣٨﴾

Artinya:Peliharalah semua shalat(mu), dan (peliharalah) shalat wusthaa. Berdirilah untuk Allah (dalam shalatmu) dengan khusyu’.

Baca Juga:
50 Nasihat untuk Para Wanita - Bagian ke-1 (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

 


Ancaman Allah Bagi yang Meninggalkan atau Melalaikan Sholat

Allah telah mengancam bagi orang-orang yang meremehkan sholat sehingga dia sholat diakhir waktu. Lihat surat Al-Maun.

فَوَيْلٌ لِّلْمُصَلِّينَ ﴿٤﴾ الَّذِينَ هُمْ عَن صَلَاتِهِمْ سَاهُونَ ﴿٥﴾

Artinya: Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya,

Abullah bin Abbas menyebutkan bahwa yang dimaksud dengan ayat ini adalah yakni orang-orang munafik yang mereka itu sholat ditengah orang banyak tapi tidak sholat tatkala sendirian. Abullah bin Abbas juga mengatakan, ketika Allah mengatakan bahwa makna “فَوَيْلٌ لِّلْمُصَلِّينَ”  yaitu orang-orang yang mereka itu sholat tetapi kemudian setelah itu mereka lalai. Lalainya ada dua jenis. Pertama tidak mengerjakan sama sekali. Awalnya dia rajin sholat kemudian mungkin dia merantau dan jauh dari orang-orang terdekat maka dia meninggalkan sholat. Jenis kelalaian kedua yaitu meremehkan waktu sholat, yaitu orang-orang yang mengerjakan sholat bukan diwaktu yang telah ditentukan secara syariat. Maka mereka sengaja mengerjakan sholat diluar waktunya.

 


Dalam audio kajian ini juga dibahas:

  • 5 Kedudukan Sholat dalam Islam
  • Bahaya dan ancaman Allah bagi orang-orang yang meninggalkan sholat
  • Apakah orang yang meninggalkan sholat mengeluarkan orang dari islam atau tidak.

 

Pada sesi tanya jawab yaitu menit ke 1:00:00 dibahas

  • Hukum haid yang tidak lancar dan sampai 3 pekan beserta solusinya (1:00:00)
  • Hukum sholat bagi seorang wanita hamil yang sering mengeluarkan flek hitam kecoklatan (1:06:00)
  • Sampai batasan seperti apa orang tua mengajarkan anaknya sholat? (1:09:00)
  • Nasihat dan tips untuk akhwat agar istiqomah setelah berhijrah menggunakan busana syar’i (1:14:00)
  • Hukum mandi sebelum sholat tahajud (1:23:00)
  • Hukum membaca niat sebelum sholat (1:25:00)
Baca Juga:
Hukum-Hukum yang Berkaitan dengan Haid, Istihadhah, dan Nifas - Bagian ke-5 - Tuntunan Praktis Fiqih Wanita (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)


Download Kajian Kitab Tuntunan Praktis Fiqih Wanita: Hukum Khusus Tentang Sholat Wanita (Bagian ke-1)


Jangan lupa untuk turut membagikan artikel dan audio kajian “Hukum Khusus Tentang Sholat Wanita” serta link download kajian ini ke akun media sosial yang Anda miliki, baik Facebook, Twitter, Google+, atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi yang lain. Barakallahufiikum

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.