Telegram Rodja Official

Tafsir Al-Quran

Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 45-49 (Ustadz Badrusalam, Lc.)

By  | 

Kajian Tafsir Al-Quran oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Download kajian Tafsir Al-Quran yang dibahas dan dikaji oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam. Kajian ini beliau sampaikan pada Selasa malam, 6 Dzul Hijjah 1438 H / 22 Agustus 2017 M di Masjid Al-Barkah, komplek studio Radio Rodja dan RodjaTV. Pada kajian tafsir kali ini Ustadz Badrusalam akan membawakan pembahasan tentang “Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 45-49“.

(Download juga kajian sebelumnya: “Tafsir Surat Al-Baqarah [2]: 42-47“)

Ringkasan Kajian Tafsir Al-Quran: Tafsir Surat Al-Baqarah [2]: 45-49

Di ayat yang ke-42 Allah Ta’ala berfirman:

 

وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخَاشِعِينَ ﴿٤٥﴾

“Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’,”(QS Al-Baqarah [2]: 45)

Melalui ayat ini Allah mengabarkan bahwa sholat itu berat. Hal ini dikarenakan pada dasarnya hawa nafsu manusia tidak suka pada ketaatan. Namun di ayat ini Allah juga menyebutkan cara agar sholat terasa ringan. Yaitu dengan khusu’. Bagaimana meningkatkan kehusu’an? Allah menjawab di ayat selanjutnya.

الَّذِينَ يَظُنُّونَ أَنَّهُم مُّلَاقُو رَبِّهِمْ وَأَنَّهُمْ إِلَيْهِ رَاجِعُونَ ﴿٤٦﴾

“(yaitu) orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya.”(QS Al-Baqarah [2]: 46)
Dalam ayat ini Allah menyebutkan jika seorang hamba ingin khusu’, dibutuhkan keyakin dan rasa takut kepada Allah. Pembenaran yang jujur dari hati kepada Allah dan kehidupan Akhirat.

Baca Juga:
Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah: Hadits 1233-1237 - TPP: Perintah untuk Meneladani Para Sahabat, Perintah Makan dan Minum dengan Tangan Kanan, hingga Keutamaan Khalid bin Walid (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

Lalu Allah berfirman dalam QS Al-Baqarah [2]: 47

يَا بَنِي إِسْرَائِيلَ اذْكُرُوا نِعْمَتِيَ الَّتِي أَنْعَمْتُ عَلَيْكُمْ وَأَنِّي فَضَّلْتُكُمْ عَلَى الْعَالَمِينَ ﴿٤٧﴾

“Hai Bani Israil, ingatlah akan nikmat-Ku yang telah Aku anugerahkan kepadamu dan (ingatlah pula) bahwasanya Aku telah melebihkan kamu atas segala umat.”(QS Al-Baqarah [2]: 47)
Allah kembali mengingatkan nikmat yang telah Allah anugerahkan kepada Bani Israil. Mereka diberikan keistimewaan dengan diberikan kerajaan dan dari kalangan mereka pula diutus para Rasul. Diturunkan kepada mereka kitab-kitab suci.

Simak penjelasan selengkapnya dari tafsir ayat-ayat tersebut di dalam rekaman kajian yang disampaikan oleh Ustadz Badrusalam, Lc. berikut ini.

Download Kajian Tafsir Al-Quran: Tafsir Surat Al-Baqarah [2]: 45-49


Jangan lupa untuk ikut membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi orang lain.

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.