Masjid Al-Barkah

Panduan Amal Sehari Semalam

Adab Mandi – Bagian ke-3 – Panduan Amal Sehari Semalam (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

By  |  pukul 2:02 pm

Terakhir diperbaharui: Kamis, 26 Oktober 2017 pukul 2:09 pm

Tautan: http://rodja.id/1i8

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.

Berikut ini merupakan rekaman ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary pada Selasa, 22 Dzul Qa’idah 1438 H / 15 Agustus 2017. Ceramah agama ini membahas buku “Panduan Amal Sehari Semalam” yang berisi amalan-amalan yang semestinya dilakukan oleh seorang muslim dalam kesehariannya.

Pada ceramah kali ini, Ustadz Abu Ihsan akan menjelaskan tema seputar “Adab Mandi“.

Download juga kajian sebelumnya: Mencari Nafkah yang Halal (Bagian ke-3)

Ringkasan Ceramah Agama: Adab Mandi

 

Mandi adalah sebuah rutinitas yang dilakukan oleh manusia. Namun bagi kaum muslimin, mandi sendiri ada beberapa sebab dan jenis mandi. Ada mandi yang diwajibkan ada pula mandi-mandi yang disunnahkan. Mandi wajib yaitu diantaranya mandi dari junub, mandi ketika masuk dalam Islam. Selain itu juga ada mandi yang dianjurkan seperti mandi sebelum sholat jum’at bagi yang berpendapat mandi sebelum sholat jum’at adalah mustahab.

Berdasarkan kebiasaan itu, maka amat disayangkan jika rutinitas ini berlalu begitu saja. Mengalir dengan waktu yang bergulir tanpa bernilai pahala. Maka agar mendapatkan balasan, ganjaran dari rutinitas kita ini, hendaknya  kita melaksakan dan mengamalkan sunnah-sunnah yang berkaitan dengan mandi.

Sehingga mandi bukan hanya sekedar membersihkan badan dari kotoran, tetapi lebih dari itu mandi merupakan salah satu cara kita untuk mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala dan tentunya menjaga hubungan kepada manusia.

 

Simak penjelasan selengkapnya di dalam rekaman kajian yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.

Download Ceramah Agama: Adab Mandi


Mari turut bagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.