Telegram Rodja Official

Al-Ushul Ats-Tsalatsah

Ibadah Istighotsah dan Menyembelih – Kitab Al-Ushul Ats-Tsalatsah (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq Al-Badr)

By  | 

Notice: Undefined variable: PodpressSettings in /home/radiorod/public_html/wp-content/plugins/powerpress/powerpress.php on line 3565

Ceramah agama dan kajian Islam dengan pembahasan Kitab Al-Ushul Ats-Tsalatsah oleh: Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr
Penerjemah: Ustadz Iqbal Gunawan, M.A.

Berikut ini rekaman kajian penjelasan kitab Al-Ushul Ats-Tsalatsah (شرح الأصول الثلاثة) atau biasa disebut dengan 3 Landasan Utama karya Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahab At-Tamimi rahimahullah yang disampaikan oleh Syaikh ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-Badr hafidzahumallah, pada 29 Syawwal 1438 H / 23 Juli 2017 M. Pada pertemuan kali ini, beliau akan menyampaikan tentang “Ibadah Istighosah, Menyembelih“. Semoga bermanfaat.

(Download juga rekaman kajian sebelumnya:  Khasyyah, Inabah, Isti’anah dan Isti’adzah – Kitab Al-Ushul Ats-Tsalatsah (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq Al-Badr)

Simak kajian penuh manfaat ini setiap:

Ahad dan Senin, Pukul: 17:00 – 18:00 WIB

Hanya di Radio Rodja dan Rodja TV.

Ringkasan Kajian Kitab Al-Ushul Ats-Tsalatsah: Ibadah Istighotsah dan Menyembelih

Dalam mp3 kajian kali ini, dibahas tentang istighosah. Dalil dari ibadah istighosah ini adalah Firman Allah Subhana wa Ta’ala:

…إِذْ تَسْتَغِيثُونَ رَبَّكُمْ فَاسْتَجَابَ لَكُمْ

“(Ingatlah), ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu, lalu diperkenankan-Nya bagimu…” (Q.S Al-anfal[8]:9)

Istighosah berarti meminta pertolongan. Diantara contoh istighosah adalah ketika Nabi kita Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkhutbah dihari jum’at kemudian ada seorang arab badui masuk kemudian menceritakan tentang keadaan negeri Madinah yang ketika itu dilanda kekeringan. Kemudian orang tersebut meminta kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk berdo’a kepada Allah agar Allah memberikan hujan kepada mereka. Kemudian Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam menengadahkan tangannya kepada Allah dan meminta pertolongan untuk diturunkan hujan.

Baca Juga:
Khasyyah, Inabah, Isti'anah dan Isti’adzah - Kitab Al-Ushul Ats-Tsalatsah (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq Al-Badr)

Maka ibadah istighosah ini merupakan permohonan pertolongan kepada Allah Subhana wa Ta’ala. Bisa meminta pertolongan berupa hujan, bisa juga pertolongan berupa datangnya bantuan dari Allah Subhana wa Ta’ala agar seorang hamba bisa menang terhadap musuhnya. Ibadah istighosah ini tidak boleh dilakukan kecuali kepada Allah Subhana Wa Ta’ala. Barang siapa mempersembahkan ibadah istighosah ini kepada selain Allah Subhana Wa Ta’ala maka dia telah terjatuh kedalam kesyirikan.

Kita harus membedakah istighosah yang dibolehkan dan dilarang. Apa dan bagaiamana rincian istighosah yang diperbolehkan dan dilarang ini? Selain itu juga menyembelih juga bisa dikategorikan ibadah tetapi juga bisa terjerumus kedalam kesyirikan. Apa rinciannya?

Dengarkan Penjelasan Lengkapnya dengan Download dan Simak MP3 Kajian Kitab Al-Ushul Ats-Tsalatsah: Ibadah Istighotsah dan Menyembelih


Jangan lupa untuk turut menyebarkan kebaikan dengan membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+ kita. Jazakumullahu khairan

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.