Penjelasan Rukun Iman – Pokok Kedua – Kitab Al-Ushul Ats-Tsalatsah (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq Al-Badr)

By  |  pukul 2:54 pm

Terakhir diperbaharui: Rabu, 19 Safar 1439 / 08 November 2017 pukul 8:29 am

Tautan: http://rodja.id/1jf

Ceramah agama dan kajian Islam dengan pembahasan Kitab Al-Ushul Ats-Tsalatsah oleh: Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr
Penerjemah: Ustadz DR. Musyafa Ad-Dariny, M.A.

Berikut ini rekaman kajian penjelasan kitab Al-Ushul Ats-Tsalatsah (شرح الأصول الثلاثة) atau biasa disebut dengan 3 Landasan Utama karya Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahab At-Tamimi rahimahullah yang disampaikan oleh Syaikh ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-Badr hafidzahumallah, pada 27 Dzul Hijjah 1438 H / 18 September 2017 M. Pada pertemuan kali ini, beliau akan menyampaikan tentang “Penjelasan Rukun Iman“. Semoga bermanfaat.

(Download juga rekaman kajian sebelumnya: Penjelasan Anna Muhammadan Rasulullah – Pokok Kedua – Kitab Al-Ushul Ats-Tsalatsah (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq Al-Badr)

Simak kajian penuh manfaat ini setiap:

Ahad dan Senin, Pukul: 17:00 – 18:00 WIB

Hanya di Radio Rodja dan Rodja TV.

Ringkasan Kajian Kitab Al-Ushul Ats-Tsalatsah: Penjelasan Rukun Iman

Sebagaimana yang telah dibahas dalam kajian Islam, Iman dan Ihsan, bahwa agama Islam ada tiga tingkatan. Pada MP3 Kajian ini dibahas tingkatan yang kedua, yaitu Iman.

Iman mempunyai banyak cabang. Yang paling tinggi dari cabang tersebut adalah perkataan “”, tiada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah. Sedangkan cabang Iman yang paling rendah adalah menyingkirkan ganguan dari jalanan. Rasa malu adalah bagian dari cabang-cabang Iman.

Rukun Iman ada enam, yaitu:

  1. Mengimani Allah Subhana wa Ta’ala
  2. Mengimani para MalaikatNya
  3. Mengimani kitab-kitabNya
  4. Mengimani para RasulNya
  5. Mengimani hari kiamat
  6. Mengimani takdir Allah Subhana wa Ta’ala.

Dalil dari rukun-rukun Iman adalah Firman Allah Subhana wa Ta’ala:

لَّيْسَ الْبِرَّ أَن تُوَلُّوا وُجُوهَكُمْ قِبَلَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ وَلَـٰكِنَّ الْبِرَّ مَنْ آمَنَ بِاللَّـهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَالْمَلَائِكَةِ وَالْكِتَابِ وَالنَّبِيِّينَ وَآتَى الْمَالَ عَلَىٰ حُبِّهِ ذَوِي الْقُرْبَىٰ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينَ وَابْنَ السَّبِيلِ وَالسَّائِلِينَ وَفِي الرِّقَابِ وَأَقَامَ الصَّلَاةَ وَآتَى الزَّكَاةَ وَالْمُوفُونَ بِعَهْدِهِمْ إِذَا عَاهَدُوا ۖ وَالصَّابِرِينَ فِي الْبَأْسَاءِ وَالضَّرَّاءِ وَحِينَ الْبَأْسِ ۗ أُولَـٰئِكَ الَّذِينَ صَدَقُوا ۖ وَأُولَـٰئِكَ هُمُ الْمُتَّقُونَ ﴿١٧٧﴾

“Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa.” (Q.S Al-Baqoroh[2]:177)

Rukun Iman adalah dasar keimanan dan pondasi-pondasi keimanan. Iman tidak mungkin tegak berdiri kecuali diatas landasan-landasan ini. Apabila landasan ini tidak ada, maka keimanan pun tidak ada. Dan hal ini akan membatalkan iman seseorang.

Bagaimana Penjelasan Lengkapnya? Simak dan Download MP3 Kajian Kitab Al-Ushul Ats-Tsalatsah: Penjelasan Rukun Iman


Jangan lupa untuk turut menyebarkan kebaikan dengan membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+ kita. Jazakumullahu khairan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0:00
0:00