Penjelasan Iman Kepada Allah Subhana wa Ta’aa – Pokok Kedua – Kitab Al-Ushul Ats-Tsalatsah (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq Al-Badr)

By  |  pukul 8:31 am

Terakhir diperbaharui: Rabu, 19 Safar 1439 / 08 November 2017 pukul 9:36 am

Tautan: http://rodja.id/1jg

Ceramah agama dan kajian Islam dengan pembahasan Kitab Al-Ushul Ats-Tsalatsah oleh: Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr
Penerjemah: Ustadz DR. Musyafa Ad-Dariny, M.A.

Berikut ini rekaman kajian penjelasan kitab Al-Ushul Ats-Tsalatsah (شرح الأصول الثلاثة) atau biasa disebut dengan 3 Landasan Utama karya Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahab At-Tamimi rahimahullah yang disampaikan oleh Syaikh ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-Badr hafidzahumallah, pada 4 Muharram 1439 H / 25 September 2017 M. Pada pertemuan kali ini, beliau akan menyampaikan tentang “Penjelasan Iman Kepada Allah“. Semoga bermanfaat.

(Download juga rekaman kajian sebelumnya: Penjelasan Rukun Iman – Pokok Kedua – Kitab Al-Ushul Ats-Tsalatsah (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq Al-Badr)

Simak kajian penuh manfaat ini setiap:

Ahad dan Senin, Pukul: 17:00 – 18:00 WIB

Hanya di Radio Rodja dan Rodja TV.

Ringkasan Kajian Kitab Al-Ushul Ats-Tsalatsah: Penjelasan Iman Kepada Allah

Melanjutkan pembahasan tentang rukun iman. Sebagaiamana yang dijelaskan dalam hadist, bahwa iman memiliki banyak cabang. Akan tetapi, cabang-cabang ini berdiri diatas pondasi. Pondasi keimanan ini seperti akar sebuah pohon, yaitu rukun 6 rukun iman seperti yang telah kita bahas di kajian sebelumnya.

Rukun iman yang pertama, yaitu mengimani Allah Subhana wa Ta’ala adalah rukun iman yang paling agung. Sedangkan rukun iman yang lain adalah sebagai pengikut dari rukun iman yang pertama ini. Sebagaimana firman Allah Subhana wa Ta’ala:

آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنزِلَ إِلَيْهِ مِن رَّبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ ۚ كُلٌّ آمَنَ بِاللَّـهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِّن رُّسُلِهِ ۚ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا ۖ غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ ﴿٢٨٥﴾

“Rasul telah beriman kepada Al Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan): “Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya”, dan mereka mengatakan: “Kami dengar dan kami taat”. (Mereka berdoa): “Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali”.”(Q.S Al-Baqoroh[2];285)

Maksud beriman kepada Allah Subhana wa Ta’ala adalah beriman dengan keesaan Allah Ta’ala dalam rububiyahnya, nama dan sifat-sifat Allah serta beriman kepada Allah Ta’ala esa dalam hal ibadah.

Para ulama menjelaskan bahwa rukun keimanan kepada Allah Subhana wa Ta’ala ada tiga.

Bagaimana Penjelasan Lengkapnya? Simak dan Download MP3 Kajian Kitab Al-Ushul Ats-Tsalatsah: Penjelasan Iman Kepada Allah


Jangan lupa untuk turut menyebarkan kebaikan dengan membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+ kita. Jazakumullahu khairan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0:00
0:00