Telegram Rodja Official

Al-Adabul Mufrad

Dua Orang yang Saling Menghina – Bab 200 – Hadits 423-428 – Kitab Al-Adab Al-Mufrad (Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.)

By  | 

Kajian Kitab Adabul Mufrad oleh: Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.

Berikut ini merupakan rekaman kajian kitab Adabul Mufrad karya Imam Bukhari rahimahullah, yang disampaikan oleh Ustadz Syafiq Basalamah. Kajian ini beliau sampaikan secara live di Radio Rodja dan Rodja TV pada Senin malam, 7 Dzul Qa’idah 1438 H / 31 Juli 2017, pukul 20:00-21:30 WIB.

Pada kajian kali ini Ustadz Syafiq akan membahas tentang “Dua orang yang saling menghina maka dosanya bagi orang yang mengawali menghina.  (Bab 200, Hadits 423-428)“. Semoga bermanfaat.

Download juga kajian sebelumnya: “Orang yang Suka Mencela hingga Dosa Orang yang Saling Menghina – Bab 198-200 – Hadits 421-425 – Kitab Al-Adab Al-Mufrad

Program Kajian Kitab Adabul Mufrad - Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A. di Radio Rodja

Simak program ini di Radio Rodja dan Rodja TV setiap:Senin malam, 20:00-21:30 WIB

Status program Kajian Kitab Adabul Mufrad: AKTIF

Ringkasan Kajian Kitab Adabul Mufrad: Dua orang yang saling menghina maka dosanya bagi orang yang mengawali menghina.  (Bab 200, Hadits 423-428)

Media sosial adalah karunia Allah Subhana wa Ta’ala yang seharusnya menjadi sarana seorang hamba untuk lebih dekat menuju surga Allah Subhana wa Ta’ala tapi ternyata sarana itu banyak disalah gunakan. Sehingga dengan mudahnya orang menulis dan komentar sesuatu yang kurang baik.

Baca Juga:
Pentingnya Akhlak Mulia - Bagian ke-4 - Bimbingan Islam (Ustadz Jazuli, Lc.)

Hal ini bukan tanpa alasan, mungkin kalau seseorang berbicara secara langsung akan malu, merasa tidak enak dan kurang beradab, tapi ketika sendiri dan hanya bersama gadget, terkadang tidak terkontrol. Sehingga tulisan-tulisan yang muncul sama sekali tidak menggambarkan prilaku seorang muslim. Padahal umat muslim sebagai mayoritas di Indonesia, sudah semestinya menunjukkan ajaran-ajaran Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Dari Abu Hurairah, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,”Dua orang yang saling menghina atas apa yang mereka ucapkan, dosanya adalah bagi orang yang memulainya selama orang yang dizhalimi tidak melampaui batas.

Dari hadist di atas dapat diambil faidah:

  1. Orang yang memulai mencacilah yang mendapatkan dosa, karena dialah yang menyebabkan terjadinya percekcokan.
  2. Apabila orang yang dicaci membalas cacian secara berlebihan sehingga menyakiti orang yang memulai percekcokan, maka dia pun berdosa sebagaimana orang yang memulai percekcokan tersebut, bahkan dosanya lebih besar

Dengarkan penjelasan lengkapnya. Download MP3 Kajian Kitab Adabul Mufrad: Dua orang yang saling menghina maka dosanya bagi orang yang mengawali menghina.  (Bab 200, Hadits 423-428)


Jangan lupa untuk membagikan rekaman kajian ini ke saudara-saudara kita atau teman-teman kita baik itu melalui Facebook, Twitter, Google+, atau media yang lainnya agar kebaikan ini tidak berhenti begitu saja. Jazakumullahu khairan
[stumble]

Telegram Rodja Official

2 Comments

    Tinggalkan Balasan

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.