Telegram Rodja Official

Cara Untuk Meraih Akhlak Mulia Bagian 4 – Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

By  |  pukul 7:32 am

Terakhir diperbaharui: Jumat, 28 Shafar 1439 / 17 November 2017 pukul 7:46 am

Tautan: http://rodja.id/1k2

Kajian oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.

Kajian yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsaary ini merupakan hasil rekaman pada Senin, 25 Muharram 1439 H / 16 Oktober 2017 M . Ceramah agama ini berkaitan dengan seri pembahasan Aktualisasi Akhlak Muslim, yang sangat penting untuk diketahui oleh setiap muslim. Pada kajian kali ini, Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A. membahas tentang “Cara Untuk Meraih Akhlak Mulia Bagian 4

Download kajian sebelumnya: “Cara Untuk Meraih Akhlak Mulia Bagian 3 – Aktualisasi Akhlak Muslim“.

Ringkasan Kajian: Cara Untuk Meraih Akhlak Mulia Bagian 4

Meneladani Biografi Orang-Orang Shalih Terdahulu

Di dalam MP3 Kajian ini digambarkan bagaimana agungnya akhlak orang-orang shalih terdahulu. Terutama akhlak Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan para sahabatnya.

Menelaah dan meneladani biografi para orang-orang shalih adalah salah satu sarana untuk menjaga semangat seorang muslim yang terkadang turun. Dengan hal itu seorang muslim dapat mengetahui bagaimana sepak terjang orang-orang shaleh terdahulu dalam mengarungi kehidupan. Seorang muslim akan mengetahui kegigihan mereka dalam beribadah kepada Allah dan dalam berakhlak mulia.
Dalam riwayat hidup orang-orang shalih sangat banyak sekali nasehat, pelajaran, ibroh yang membantu untuk menempa jiwa seorang muslim. Terlebih sekarang ketika sosok pembimbing adalah sesuatu yang langka dan orang yang masih hidup tentu tidak aman dari ujian. Maka membuka kembali, mempelajari dan membaca biografi orang-orang shalih akan menaikkan semangat seorang muslim dan memotivasi untuk dapat meniru dan meneladani mereka.

Baca Juga:  Mencintai Karena Allah

Betapa banyak hamba-hamba shalih yang sudah berada di alam baka, tapi kisah-kisahnya dapat menghidupkan hati yang mati. Betapa banyak orang-orang yang jasadnya masih hidup tapi riwayat hidup mereka selama ini hanya akan mematikan hati. Maka mempelajari biografi orang-orang shalih adalah salah satu cara untuk dapat meraih akhlak yang mulia.
Manelaah riwayat-riwayat hidup dan biografi para pendahulu mereka yang shalih adalah kebiasaan mereka. Ini adalah salah satu usaha yang mereka lakukan untuk meraih akhlak yang mulia dengan pelajaran-pelajaran berharga dari pengalaman yang sudah ada.

Abu hanifah mengatakan, “mempelajari biografi para ulama lebih aku gemari daripada fiqih, sebab dengan biografi itu aku mengetahui adab dan perangai satu kaum.

Baca Juga:  Nasihat Para Salafush Shalih Untuk Berpegang Teguh Kepada Sunnah

Seorang muslim dapat membaca dan menyelami bagaimana biografi para ulama terdahulu. Bagaimana kegigihan mereka dalam menuntut ilmu, bagaimana keuletan mereka dalam ibadah dan bagaimana adab dan akhlak mereka didalam bermuamalah. Disana seorang muslim akan menemukan sesuatu yang luar biasa. Oleh karena itu sudah selayaknya seorang muslim bersahabat dengan bacaan-bacaan yang memuat riwayat-riwayat hidup para salafush shalih. Terutama Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang mana banyak sekali pelajaran-pelajaran berharga yang dapat kita temukan.

Ini juga yang menjadi kebiasaan Ibnul Mubarak.  Ibnul Mubarak merasakan kebersamaan dengan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan para sahabatnya dengan cara menyelami dan membaca biografi-biografi mereka, sejarah hidup mereka, perih kehidupan mereka.

Baca Juga:  Bab Berwudhu dengan Satu Mud - Kitab Shahih Bukhari (Ustadz Badrusalam, Lc.)

Simak Penjelasan Lengkap dan Download MP3 Kajian: Cara Untuk Meraih Akhlak Mulia Bagian 4


[do_widget id=blog_subscription-2]

Mari turut bagikan hasil rekaman ataupun link kajian yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.