Telegram Rodja Official

Prinsip Dasar Islam

Islam Adalah Agama Yang Mudah – Prinsip Dasar Islam (Ustadz Fachrudin Nu’man, Lc.)

By  | 

Notice: Undefined variable: PodpressSettings in /home/radiorod/public_html/wp-content/plugins/powerpress/powerpress.php on line 3565

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Fachrudin Nu’man, Lc.

Download ceramah agama Prinsip Dasar Islam yang dibahas dan dikaji oleh Ustadz Abu Ismail Fachrudin Nu’man. Kajian ini beliau sampaikan pada Selasa sore, 22 Dzul Qa’idah 1438 H / 15 Agustus 2017 di Radio Rodja dan RodjaTV. Pada kajian kali ini Ustadz Fachrudin akan membawakan pembahasan tentang “Islam Adalah Agama Yang Mudah“.

Ceramah agama ini disarikan dari buku “Prinsip Dasar Islam” menurut Al-Quran dan As-Sunnah yang shahih karya Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas hafidzahullahu Ta’ala. Buku tersebut menjelaskan prinsip-prinsip dasar agama Islam yang wajib diketahui oleh setiap muslim dan muslimah.

(Download juga kajian sebelumnya: Larangan Berburuk Sangka, Memata-matai, dan Mencari-cari Kesalahan Orang Lain

Ringkasan Ceramah Agama: Islam Adalah Agama Yang Mudah

Islam adalah agama yang mudah dan sesuai dengan fitrah manusia. Tidak ada yang mudah di alam semesta ini kecuali agama Allah. Allah subhanahu wa ta’ala menginginkan hambanya berjalan di jalan yang lurus. Maka Allah tidak mempersulit hambanya yang ingin berjalan-jalan yang lurus ini. Allah menginginkan hambanya bahagia.

…يُرِيدُ اللَّـهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ …

Baca Juga:
Sikap Ahlussunnah terhadap Para Sahabat Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam - Kitab Aqidah As-Salaf Ashabul Hadits (Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A.)

“…Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. …” (Q.S Al-Baqoroh[2]: 185)

Tidak ada hal apapun yang sulit dalam Islam. Allah Ta’ala tidak akan membebankan sesuatu yang manusia tidak mampu melaksanakannya. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

إِنَّ الدِّينَ يُسْرٌ ، وَلَنْ يُشَادَّ الدِّينَ أَحَدٌ إِلاَّ غَلَبَهُ ، فَسَدِّدُوا وَقَارِبُوا وَأَبْشِرُوا ، وَاسْتَعِينُوا بِالْغَدْوَةِ وَالرَّوْحَةِ وَشَىْءٍ مِنَ الدُّلْجَةِ

“Sesungguhnya agama itu mudah, dan sekali-kali tidaklah seseorang memperberat agama melainkan akan dikalahkan, dan (dalam beramal) hendaklah pertengahan (yaitu tidak melebihi dan tidak mengurangi), bergembiralah kalian, serta mohonlah pertolongan (didalam ketaatan kepada Allah) dengan amal-amal kalian pada waktu kalian bersemangat dan giat”.

Lalu bagaimana ketika ada seorang mengatakan agama itu sulit?

Hal ini terjadi karena dua kemungkinan. Pertama karena tidak mengenal Islam yang haq sehingga tidak tahu dengan jalan islam yang lurus. Yang kedua karena seseorang menyaksikan orang-orang yang berlebihan dalam agama.

Padahal jika agama ini betul-betul dilakukan diatas tuntunan dari Allah dan RasulNya seorang muslim dapat beragama dengan senyum, tuma’ninah, tenang dan penuh kedamaian.

Sebagai contoh tentang kemudahan islam:

  1. Menuntut ilmu syar’i belajarAl-Quran dan As-Sunnah menurut pemahaman Salaf adalah mudah. Kita dapet belajar setiap hari atau sepekan dua kali di sela-sela waktu kita yang sangat luang.
  2. Mentauhidkan Allah dan beribadah hanya kepadanya adalah mudah.
  3. Melaksanakan sunnah-sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah mudah seperti memanjangkan jenggot memakai pakaian diatas mata kaki dan lainnya.
  4. Sholat hanya diwajibkan 5 waktu dalam 24 jam. Orang yang khusyu’ dalam sholat paling lama 10 menit, dalam hitungan hari ia melaksanakan shalat nya dalam sehari hanya 50 menit dalam waktu 24 x 60 menit.
  5. Orang sakit wajib shalat, boleh sambil duduk atau berbaring jika tidak mampu berdiri.
  6. Jika tidak ada air untuk bersuci maka boleh tayammum.
  7. Jika terkena najis hanya dicuci bagian yang terkena najis.
  8. Musafir disunnahkan mengqashar atau meringkas sholat dan boleh menjama’ atau menggabungkan dua sholat apabila dibutuhkan seperti surat Zhuhur dengan ‘Ashar dan Maghrib dengan ‘Isya’.
  9. Seluruh permukaan bumi ini dijadikan untuk tempat sholat dan boleh dipakai untuk bersuci.
  10. Puasa hanya wajib selama 1 bulan yaitu pada bulan Ramadhan setahun sekali.
  11. Orang sakit dan musafir boleh tidak berpuasa asal ia mengganti puasa pada hari yang lain demikian juga orang yang nifas dan haidh.
  12. Orang yang sudah tua renta, perempuan hamil dan menyusui apabila tidak mampu boleh tidak berpuasa dengan menggantinya dalam bentuk fidyah.
  13. Zakat hanya wajib dikeluarkan sekali setahun bila sudah sampai nishab dan haul.

Lalu apalagi kemudahan lain yang diberikan Allah kepada hambaNya? Poin-poin di atas yang akan menjadi pembahasan menarik pada beberapa kajian kedepan.

Baca Juga:
Penerapan Kaidah La Dharara wala Dhirar

Simak dan Download MP3 Ceramah Agama: Islam Adalah Agama Yang Mudah


Jangan lupa untuk ikut membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi orang lain.

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.