Telegram Rodja Official

Contoh Bahwa Islam Agama Yang Mudah Bagian 2 – Prinsip Dasar Islam (Ustadz Fachrudin Nu’man, Lc.)

By  |  pukul 7:46 am

Terakhir diperbaharui: Sabtu, 29 Shafar 1439 / 18 November 2017 pukul 9:03 am

Tautan: http://rodja.id/1ke

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Fachrudin Nu’man, Lc.

Download ceramah agama Prinsip Dasar Islam yang dibahas dan dikaji oleh Ustadz Abu Ismail Fachrudin Nu’man. Kajian ini beliau sampaikan pada Selasa sore, 28 Dzul Hijjah 1438 H / 03 Oktober 2017 di Radio Rodja dan RodjaTV. Pada kajian kali ini Ustadz Fachrudin akan membawakan pembahasan tentang “Contoh Bahwa Islam Agama Yang Mudah Bagian 2“.

Ceramah agama ini disarikan dari buku “Prinsip Dasar Islam” menurut Al-Quran dan As-Sunnah yang shahih karya Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas hafidzahullahu Ta’ala. Buku tersebut menjelaskan prinsip-prinsip dasar agama Islam yang wajib diketahui oleh setiap muslim dan muslimah.

(Download juga kajian sebelumnya: “Contoh Bahwa Islam Agama Yang Mudah Bagian 1

Baca Juga:  Keimanan Kepada Qadha dan Qadar - Kitab Aqidah As-Salaf Ashabul Hadits (Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A.)

Ringkasan Ceramah Agama: Contoh Bahwa Islam Agama Yang Mudah Bagian 2

Pada kajian sebelumnya sudah dijelaskan tentang beberapa contoh beserta dalil-dalilnya tentang kemudahan agama Islam. Pada kajian kali ini dijelaskan tentang kaidah-kaidah kemudahan dalam agama Islam. Bahwasanya Allah Subhanahu wa Ta’ala menginginkan kemudahan dan tidak menginginkan kesulitan.

Syaikh Sa’di menjelaskan dalam kitab usul fiqih beliau, “diantara kaidah syariat yaitu adanya kemudahan setiap datang kesulitan” atau kata beliau dalam kaidah yang lain, “kesulitan itu sebab kemudahan.”

Hal ini berarti bahwa agama Islam memberikan kemudahan. Tetapi kapan ada kemudahan?

Hukum asal syarat Islam yang isinya perintah dan larangan adalah terdapat kemudahan dan tidak membebani diluar kemampuan umat manusia. Oleh karena itu ketika datang perintah pasti perintah itu sesuai dengan kemampuan manusia. Ketika datang larangan pasti sesuai dengan kemampuan manusia dan ketika datang cobaan atau bala‘ pasti Allah tidak membebani diluar kemampuan hamba-hambaNya.

Baca Juga:  Sifat Istiwa Allah - Kitab Al-Intishar (Ustadz Badrusalam, Lc.)

Adapun yang disebut kesulitan dalam agama adalah dalam empat kondisi berikut ini:

1. Sakit
Bagi seorang muslim yang sakit lumpuh maka tidak ada kewajiban baginya sholat dengan berdiri.
Ketika puasa dan seorang muslim terkena penyakit yang luar biasa sehingga dokter menyarankan untuk tidak berpuasa maka hal ini diperbolehkan untuk tidak berpuasa.

2. Safar
Sebagaimana kita tahu bahwa safari to melatih kan, bahkan terkadang terjadi suatu yang tidak diinginkan. Maka di sana ada kemudahan.

3. Adanya kekurangan didalam diri seorang muslim
Salah satu contoh pada kondisi ini adalah kurangnya akal atau belum sempurnanya akal anak kecil. Ketidak kesempurnaan atau belum sempurnanya akal menjadi penyebab adanya kemudahan

Baca Juga:  Kaidah Yang Berkaitan dengan Kaidah Adat Kebiasaan Bisa Dijadikan Sandaran Hukum

4. Ketidaktahuan atau dipaksa
Adanya ketidaktahuan seringkali seorang muslim membuat kesalahan yang tidak disengaja. Maka hal ini dalam agama Islam ada keringanan sehingga dimaafkan.

Simak Penjelasan Lengkap dan Download MP3 Ceramah Agama: Contoh Bahwa Islam Agama Yang Mudah Bagian 2


Jangan lupa untuk ikut membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi orang lain.

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.