Telegram Rodja Official

Contoh Bahwa Islam Agama Yang Mudah Bagian 3 – Prinsip Dasar Islam (Ustadz Fachrudin Nu’man, Lc.)

By  |  pukul 7:46 am

Terakhir diperbaharui: Senin, 02 Rabiul awwal 1439 / 20 November 2017 pukul 8:48 am

Tautan: http://rodja.id/1kf

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Fachrudin Nu’man, Lc.

Download ceramah agama Prinsip Dasar Islam yang dibahas dan dikaji oleh Ustadz Abu Ismail Fachrudin Nu’man. Kajian ini beliau sampaikan pada Selasa sore, 26 Muharram 1439 H / 17 Oktober 2017 M di Radio Rodja dan RodjaTV. Pada kajian kali ini Ustadz Fachrudin akan membawakan pembahasan tentang “Contoh Bahwa Islam Agama Yang Mudah Bagian 3“.

Ceramah agama ini disarikan dari buku “Prinsip Dasar Islam” menurut Al-Quran dan As-Sunnah yang shahih karya Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas hafidzahullahu Ta’ala. Buku tersebut menjelaskan prinsip-prinsip dasar agama Islam yang wajib diketahui oleh setiap muslim dan muslimah.

(Download juga kajian sebelumnya: “Contoh Bahwa Islam Agama Yang Mudah Bagian 2

Ringkasan Ceramah Agama: Contoh Bahwa Islam Agama Yang Mudah Bagian 3

Islam adalah agama yang mudah. Sebagaimana yang telah dibahas pertemuan-pertemuan sebelumnya. Namun mengapa masih ada orang Islam yang terasa berat dalam menjalankan Islam?

Baca Juga:  Hukum Menggugurkan Kandungan Atau Aborsi

Orang-orang yang menganggap Islam itu berat, keras dan sulit, hal tersebut muncul karena:

  1. Kebodohan tentang Islam, umat Islam tidak belajar Al-Qur’an dan As-Sunnah yang shahih menurut pemahaman Shahabat, dan tidak mau menuntut ilmu syar’i.
  2. Mengikuti hawa nafsu. Orang yang mengikuti hawa nafsu, hanya akan menganggap mudah apa-apa yang sesuai dengan hawa nafsunya.
  3. Banyak berbuat dosa dan maksiat, sebab dosa dan maksiat menghalangi seseorang untuk berbuat kebajikan dan selalu merasa berat untuk melakukannya.
  4. Mengikuti agama nenek moyang dan mengikuti pendapat orang. Jika ia mengikuti Al-Qur’an dan As-Sunnah, niscaya ia akan mendapat hidayah dan Allah Subhana wa Ta’ala akan memudahkan ia dalam menjalankan agamanya.

Allah Subhana wa Ta’ala mengutus Rasul-Nya Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam untuk menghilangkan beban dan belenggu-belenggu yang ada pada manusia, sebagaimana yang tersurat dalam Al-Qur’an:

Baca Juga:  Prinsip-Prinsip Aqidah Ahlussunnah - Kitab Al-Ibanah (Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A.)

الَّذِينَ يَتَّبِعُونَ الرَّسُولَ النَّبِيَّ الْأُمِّيَّ الَّذِي يَجِدُونَهُ مَكْتُوبًا عِندَهُمْ فِي التَّوْرَاةِ وَالْإِنجِيلِ يَأْمُرُهُم بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَاهُمْ عَنِ الْمُنكَرِ وَيُحِلُّ لَهُمُ الطَّيِّبَاتِ وَيُحَرِّمُ عَلَيْهِمُ الْخَبَائِثَ وَيَضَعُ عَنْهُمْ إِصْرَهُمْ وَالْأَغْلَالَ الَّتِي كَانَتْ عَلَيْهِمْ ۚ فَالَّذِينَ آمَنُوا بِهِ وَعَزَّرُوهُ وَنَصَرُوهُ وَاتَّبَعُوا النُّورَ الَّذِي أُنزِلَ مَعَهُ ۙ أُولَـٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ ﴿١٥٧﴾

“(Yaitu) orang-orang yang mengikut Rasul, Nabi yang ummi yang (namanya) mereka dapati tertulis di dalam Taurat dan Injil yang ada di sisi mereka, yang menyuruh mereka mengerjakan yang ma’ruf dan melarang mereka dari mengerjakan yang mungkar dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk dan membuang dari mereka beban-beban dan belenggu-belenggu yang ada pada mereka. Maka orang-orang yang beriman kepadanya. memuliakannya, menolongnya dan mengikuti cahaya yang terang yang diturunkan kepadanya (Al Quran), mereka itulah orang-orang yang beruntung.”(Q.S Al-A’raaf[7]:157)

Baca Juga:  Ceramah Singkat Tentang Sholat: Penjelasan Bacaan Tahiyat Awal dan Akhir

Dalam syari’at yang dibawa oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam tidak ada lagi beban-beban berat yang dipikulkan kepada Bani Israil.  Kemudian Islam datang menjelaskan dengan mudah, seperti pakaian yang terkena najis wajib dicuci namun tidak digunting.

Syari’at Islam adalah mudah. Kemudan syari’at Islam berlaku dalam semua hal, baik dalam ushul (pokok) maupun furu‘ (cabang), baik tentang ‘aqidah, ibadah, akhlak, mu’amalah, jual beli, pinjam-meminjam, pernikahan, hukuman dan lainnya.

Simak Penjelasan Lengkap dan Download MP3 Ceramah Agama: Contoh Bahwa Islam Agama Yang Mudah Bagian 3


Jangan lupa untuk ikut membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi orang lain.

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.