Masjid Al-Barkah

Al-Ibanah

Sikap Kaum Muslimin Terhadap Penguasa – Kitab Al-Ibanah (Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A.)

By  |  pukul 9:09 am

Terakhir diperbaharui: Senin, 04 Juni 2018 pukul 8:31 pm

Tautan: http://rodja.id/1kj

Pengajian Islam oleh: Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A.

Berikut ini adalah rekaman pengajian Islam yang membahas masalah aqidah ahlussunnah wal jamaah. Pengajian ini disampaikan oleh Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan dari kitab الإبانة عن أصول الديانة Al-Ibanah ‘an Ushul ad-Diyanah atau ada juga yang menyebutnya dengan al-Ibanah fi Ushul ad-Diyanah, karya seorang ulama besar yang bernama Syaikh Imam Abul Hasan Ali bin Ismail al-Asy’ari rahimahullah atau terkenal dengan sebutan Imam Abul Hasan al-Asy’ari rahimahullah.

Pengajian ini disampaikan pada Jumat, 29 Syaban 1438 / 26 Mei 2017. Pada pertemuan kali ini, Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan akan membahas tentang “Sikap Kaum Muslimin Terhadap Penguasa “.

Download juga pengajian sebelumnya: Ahlussunnah Meyakini Allah akan Datang di Hari Kiamat Nanti

Diantara prinsip agama Islam adalah bahwa kaum muslimin ahlussunnah wal jama’ah melakukan shalat dibelakang setiap imam, penguasa dan pemimpin yang shaleh ataupun yang fajir.  Sebagaimana yang diriwayatkan dari ‘Abdullah bin ‘Umar Radhiyallahu anhuma pernah shalat dengan bermakmum kepada al-Hajjaj bin Yusuf ats-Tsaqafi. Padahal al-Hajjaj adalah orang yang fasik dan bengis

Dan juga diantara keyakinan ahlussunnah mengusap sepatu merupakan sunnah baik dalam keadaan menetap atau bepergian. Berbeda dengan pendapat orang yang mengingkari hal itu. Sudah selayaknya seorang muslim meyakini untuk mendoakan para pemimpin dengan kebaikan dan mengakui kepemimpinan mereka, apabila muncul dari penguasa tersebut sikap yang bertentangan dengan keistiqomahan.
Agama Islam adalah agama yang sempurna dan mengatur seluruh kehidupan manusia. Baik hubungan antara hamba dengan Allah atau hubungan seorang hamba dengan hamba. Hubungan sesama kaum muslimin pun terbagi dua. Antar kaum muslimin yang sederajat dan dengan kaum muslimin yang menjadi pemimpin.
Pada kajian kali ini pembahasan difokuskan kepada penjelasan tentang sikap yang benar kepada kaum muslimin yang menjadi penguasa. Hal ini sangat penting. Karena kesalahan akan hal ini merupakan faktor utama terjadinya fitnah yang besar dikalangan ke muslimin. Sejarah sebagai bukti, bahwa fitnah dan pertumpahan darah yang terjadi dikalangan kaum muslimin, faktor utama penyebabnya adalah sebagaina kaum mslimin meninggalkan prinsip ahlussunnah yang benar dalam menyikapi penguasa.

Baca Juga:
Penjelasan tentang Aqidah Ahlussunnah - Bagian ke-3 - Kitab Al-Ibanah (Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A.)

Munculnya kelompok khawarij yang menentang penguasa sampai terbunuhnya sahabat Utsman bin Affan Radhiyallahu ‘anhu. Kelompok khawarij merusak keindahan dan citra Islam. Mereka melakukan berbagai macam teror dan propaganda untuk melakukan kekacauan yang mengatasnamakan Islam dengan istilah jihad menurut mereka.

Hal ini semua terjadi karena beberapa faktor. Diantaranya
1. Mereka tidak memahami prinsip dasar dari aqidah ahlussunnah.
2. Mereka mengikuti hawa nafsu.

Simak Penjelasan Lengkap dan Download MP3 Kajian: Sikap Kaum Muslimin Terhadap Penguasa


Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link download pengajian yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.