Masjid Al-Barkah

Tafsir Al-Quran

Tafsir Surat Al-Balad Ayat 5 – Tafsir Al-Quran (Ustadz Abdullah Zaen, M.A.)

By  |  pukul 6:27 am

Terakhir diperbaharui: Jumat, 24 November 2017 pukul 11:21 am

Tautan: http://rodja.id/1kx

Kajian Kitab Tafsir Al-Quran oleh: Ustadz Abdullah Zaen, M.A.

Download kajian Tafsir Al-Quran yang dibahas dan dikaji oleh Ustadz Abdullah Zaen. Kajian dan ceramah agama ini membahas tafsir Al-Quran dengan penjelasan rinci serta mudah dipahami.

Pada kajian tafsir kali ini Ustadz Abdullah Zaen akan membawakan pembahasan tentang “Tafsir Surat Al-Balad Ayat 5“. Kajian ini beliau sampaikan pada Rabu malam, 15 Dzul Hijjah 1438 H/06 September 2017 M di Masjid Agung Darusalam, Purbalingga.

Download juga kajian sebelumnya: Tafsir Surat Al-Balad Ayat 4 – Tafsir Al-Quran

Seperti yang  telah dibahas dalam kajian sebelumnya. Bahwa Allah mengingatkan bahwa bentuk tubuh yang tegak berdiri adalah sebuah karunia yang Allah berikan kepada manusia. Orang yang beriman, orang yang percaya dengan adanya Allah, orang yang selalu menghadirkan akan nikmat-nikmat Allah di dalam hatinya, saat mendapatkan karunia, maka sikap dia adalah bersyukur. Hal ini tentu lain dengan orang yang tidak beriman.

Orang yang tidak beriman, saat diberikan karunia oleh Allah Subhana wa Ta’ala, entah berupa kesempurnaan tubuh, kekuatan fisik, wajah yang rupawan, orang yang tidak beriman akan menjadikan karunia-karunia tersebut menjadi sarana untuk lupa diri atau sombong.

Maka diingatkan oleh Allah pada ayat ke-5 ini.

أَيَحْسَبُ أَن لَّن يَقْدِرَ عَلَيْهِ أَحَدٌ ﴿٥﴾

“Apakah manusia itu menyangka bahwa sekali-kali tiada seorangpun yang berkuasa atasnya?” (Q.S Al-Balad[90]: 5)

Baca Juga:
Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 60 - 61 (Ustadz Badrusalam, Lc.)

Pada ayat ini Allah mengingatkan bahwa ada dzat yang jauh lebih besar, jauh lebih kuat, jauh lebih sempurna dibandingkan dia. Yaitu Allah Subhana wa Ta’ala. Maka sudah semestinya seorang mukmin waspada. Disatu sisi seorang mukmin bersyukur karena telah diberi fisik yang sempurna, tapi disisi lain setan akan masuk melalui karunia ini untuk menumbukan rasa sombong dihati seorang muslim.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Simak dan Download mp3 kajian Tafsir Al-Quran: Tafsir Surat Al-Balad Ayat 5


Mari turut membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi yang lainnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.