Masjid Al-Barkah

Tafsir Al-Quran

Tafsir Surat Al-Balad Ayat 12 dan 13 – Tafsir Al-Quran (Ustadz Abdullah Zaen, M.A.)

By  |  pukul 9:57 am

Terakhir diperbaharui: Senin, 27 November 2017 pukul 10:41 am

Tautan: http://rodja.id/1l5

Notice: Undefined variable: PodpressSettings in /home/customer/www/radiorodja.com/public_html/wp-content/plugins/powerpress/powerpress.php on line 4233

Notice: Trying to access array offset on value of type null in /home/customer/www/radiorodja.com/public_html/wp-content/plugins/powerpress/powerpress.php on line 4233

Kajian Kitab Tafsir Al-Quran oleh: Ustadz Abdullah Zaen, M.A.

Download kajian Tafsir Al-Quran yang dibahas dan dikaji oleh Ustadz Abdullah Zaen. Kajian dan ceramah agama ini membahas tafsir Al-Quran dengan penjelasan rinci serta mudah dipahami.

Pada kajian tafsir kali ini Ustadz Abdullah Zaen akan membawakan pembahasan tentang “Tafsir Surat Al-Balad Ayat 12 dan 13“. Kajian ini beliau sampaikan pada Rabu malam, 5 Shafar 1439 H/ 25 Oktober 2017 M di Masjid Agung Darusalam, Purbalingga.

Download juga kajian sebelumnya: Tafsir Surat Al-Balad Ayat 11 – Tafsir Al-Quran

وَمَا أَدْرَاكَ مَا الْعَقَبَةُ ﴿١٢﴾

“Tahukah kamu apakah jalan yang mendaki lagi sukar itu?”(Q.S Al-Balad[90]: 12)

Allah menyampaikan pertanyaan pada ayat ini. Setelah itu, Allah menjawab pada ayat selanjutnya bahwa jalan yang terjal tersebut (yaitu) melepaskan budak dari perbudakan [90:13], atau memberi makan pada hari kelaparan [90:14], merawat anak yatim yang ada hubungan kerabat [90:15], atau kepada orang miskin yang sangat fakir [90:16]. Semua jalan terjal yang Allah sebutkan pada ayat 13 sampai 16 sangat membutuhkan uang. Seakan-akan Allah ingin membandingkan dengan prilaku buruk yang disebutkan didalam Q.S Al-Balad ayat 6.

Selanjutnya, pada mp3 kajian ini dijelaskan kenapa membebaskan budak yaitu pada ayat ke-13. فَكُّ رَقَبَةٍ ﴿١٣

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Simak dan Download mp3 kajian Tafsir Al-Quran: Tafsir Surat Al-Balad Ayat 12 dan 13


Mari turut membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi yang lainnya.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.