Jangan Marah Bagian 1 – Panduan Amal Sehari Semalam (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

By  |  pukul 9:51 am

Terakhir diperbaharui: Rabu, 11 Rabiul awal 1439 / 29 November 2017 pukul 10:49 am

Tautan: http://rodja.id/1lg

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.

Berikut ini merupakan rekaman ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary pada Selasa, 25 Shafar 1439 H/ 14 November 2017 M. Ceramah agama ini membahas buku “Panduan Amal Sehari Semalam” yang berisi amalan-amalan yang semestinya dilakukan oleh seorang muslim dalam kesehariannya.

Pada ceramah kali ini, Ustadz Abu Ihsan akan menjelaskan tema seputar “Jangan Marah Bagian 1“.

Download juga kajian sebelumnya: Adab Ketika Bercanda

Ringkasan Ceramah Agama: Jangan Marah Bagian 1

Marah kebanyakannya berasal dari syaitan, dan ia hanya membawa kerugian serta penyesalan. Sekiranya seseorang melihat wajahnya ketika marah, pasti ia merasa malu. Marah bukan hanya bisa merusak hati, marah juga bisa merusak jantung; bahkan bisa menyebabkan kematian dikarenakan serangan jantung. Marah pada asalnya harus dihindari, kecuali kemarahan karena Allah dalam kondisi tertentu.

Oleh karens itu, Rasulullah  Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam berpesan kepada seorang laki-laki yang meminta nasihat kepada beliau:

(( لَا تَغْضَبْ ))

“Jangan marah!”

Laki-laki itu mengulanginya berkali-kali, tetapi beliau Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam tetap memberinya nasihat serupa: “Jangan marah.”

Ibnu Hajar rahimahullah berkata, “Al-Khathabi mengatakan bahwa jangan marah artinya jauhilah sebab-sebab kemarahan, dan jangan melakukan sesuatu yang mengarah pada kemarahan. Namun marah memang suatu kondisi yang terkadang tidak mampu kita cegah atau kendalikan.”

Maka dari itu seyogianya kita mengamalkan bimbingan Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dalam mengendalikan sifat buruk ini, antara lain:

  1. Tidak marah kecuali karena Allah
  2. Menjauhi kemarahan dalam urusan duniawi
  3. Menahan amarah dan meredamnya jika terjadi
  4. Berta’awudz kepada Allah ketika marah
  5. Diam ketika marah
  6. Mengubah posisi tubuh saat sedang marah
  7. Memohonkan ampunan, memaafkan, dan bersabar
  8. Tidak membalas keburukan dengan keburukan

Simak penjelasan lengkapnya dan download MP3 ceramah agama:  Jangan Marah Bagian 1


Mari turut bagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0:00
0:00