Telegram Rodja Official

Jangan Marah Bagian 2 – Panduan Amal Sehari Semalam (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

By  |  pukul 1:28 pm

Terakhir diperbaharui: Kamis, 20 Jumadil akhir 1439 / 08 Maret 2018 pukul 7:59 am

Tautan: http://rodja.id/1lh

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.

Berikut ini merupakan rekaman ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary pada Selasa, 2 Rabbi’ul Awwal 1439 H/ 21 November 2017 M. Ceramah agama ini membahas buku “Panduan Amal Sehari Semalam” yang berisi amalan-amalan yang semestinya dilakukan oleh seorang muslim dalam kesehariannya.

Pada ceramah kali ini, Ustadz Abu Ihsan akan menjelaskan tema seputar “Jangan Marah Bagian 2“.

Download juga kajian sebelumnya: Jangan Marah Bagian 1

Ringkasan Ceramah Agama: Jangan Marah Bagian 2

Marah adalah gangguan syaitan, maka hendaknya seorang muslim segera berlindung kepada Allah Subhana wa Ta’ala sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam dengan mengucapkan, “A’udzubillah.” Nabi Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

Baca Juga:  Ceramah Tentang Puasa: Targhib Ramadhan

“Dua orang laki-laki saling mencela di hadapan Nabi Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam. Salah seorang dari mereka lantas marah, dan kemarahannya memuncak hingga wajahnya memerah dan berubah. Maka beliau bersabda, “Sesungguhnya aku mengetahui satu kalimat jika ia mengucapkannya, niscaya hilanglah kemarahannya. Andai ia mengucapkan, “A’udzubillahi minasy syaithanirrajim (Aku berlindung kepada Allah dari syaitan yang terkutuk).”

Coba perhatikan nasihat, petunjuk dan anjuran Nabi agar berlindung kepada Allah dari syaitan ketika marah, karena syaitanlah yang menyulut kemarahan pada diri manusia.

Cara lain agar seorang muslim dapat mengendalikan diri ketika marah adalah diam. Ini adalah perintah Nabi Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam. Beliau berpesan:

Baca Juga:  Tauhid Asma' wa Sifat

إِذَا غَضِبَ أَحَدُكُمْ فَلْيَسْكُتْ.

“Apabila seorang dari kalian marah, hendaklah ia diam.”

Sebab jika tidak, boleh jadi seseorang akan mengatakan sesuatu yang bisa merusak agamanya, atau menyalakan perselisihan dan menjadikan urusan semakin rumit. Atau ia mengatakan sesuatu yang membuatnya menyesal dikemudian hari. Tentu hal ini bukan sesuatu yang ringan. Syaitan pasti membisikkan kepada seorang muslim untuk membalas perkataan orang lain yang membuat seorang muslim marah.

Simak penjelasan lengkapnya dan download MP3 ceramah agama:  Jangan Marah Bagian 2


Mari turut bagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Baca Juga:  Aqidah Ahlussunnah Tentang Khilafah
Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.