Rodja Peduli

Faedah Sejarah Islam

Kisah Penaklukan Persia Oleh Sahabat Umar Bin Khatab – Faedah Sejarah Islam (Ustadz Dr. Ali Musri, M.A.)

By  |  pukul 3:14 pm

Terakhir diperbaharui: Jumat, 08 Desember 2017 pukul 5:06 pm

Tautan: http://rodja.id/1m9

Ceramah agama sejarah Islam dan faedah-faedahnya oleh: Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A.

Berikut adalah ceramah agama Islam yang disampaikan pada Jumat pagi, 1 Muharram 1439 H / 22 September 2017 M, pukul 08:00-09:10 WIB di Radio Rodja dan Rodja TV dalam program Faidah-Faidah Sejarah Islam.

Ceramah agama yang mengangkat tentang seluk beluk Sejarah Islam beserta apa saja faidah-faidah yang bisa dipetik darinya ini disampaikan oleh Ustadz Dr. Ali Musri, M.A.. Pada ceramah kali ini, beliau membahas mengenai “Kisah Penaklukan Persia Oleh Sahabat Umar Bin Khatab“.

(Download juga kajian sebelumnya: Karamah Sahabat Umar Bin Khatab – Faedah Sejarah Islam

Dimasa kekhalifahan Abu Bakar As Siddiq, Islam telah masuk kedaerah-daerah dari kekuasaan Persia. Sebelum membahas lebih rinci, tentu perlu dibahas faedah apa yang bisa didapatkan ketika kisah ini dibahas. Adapun faedah yang dapat dipetik adalah:

Pertama, kaum muslimin dapat melihat bagaiamana pengorbanan dan perjuangan mereka dalam menyampaikan Islam. Keikhlasan dan kesungguhan para sahabat sangatlah luar biasa. Maka sudah sepantasnya kaum muslimin menghormati dan menteladani mereka dalam hal kesungguhan mereka. Kalaupun belum pada tingkat berjuang seperti mereka, minimal berjuang pada diri sendiri, keluarga dan masyarakat untuk menegakkan ajaran Allah. Dengan belajar sejarah, kaum muslimin akan mendapatkan banyak pelajaran. Maka dari itu, banyak ulama yang telah menulis hal tersebut demi agar diketahui oleh generasi penerus Islam.

Baca Juga:
Kajian Kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah - Hadits 1419-1423 (Ustadz Badrusalam, Lc.)

Kedua, kaum muslimin dapat mempelajari sebab-sebab runtuhnya sebuah negara dan juga kaum muslimin dapat melihat pertolongan Allah sebagai dalil kebenaran agama Islam. Dimana meskipun jumlah kaum muslimin tidak sebanding dengan musuh-musuh Allah, akan tetapi kaum muslimin mampu melawan musuh-musuh mereka dengan segala keterbatasan. Semakin sering seorang melihat dan membahas hal ini, akan semakin menambah kekokohan iman mereka. Jika seandainya agama Islam ini tidak benar, maka tidak akan pernah mendapat pertolongan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sebagaimana dalam perang penaklukan Persia ini yang dikanal dengan perang Qadisiyyah. Jumlah kaum muslimin hanya 60 ribu dan pada sebagian riwayat adalah 30 ribu orang. Sedangkan jumlah pasukan Persia adalah 120 ribu orang. Tentu hal ini merupakan perbandingan yang sangat signifikan. Bahkan angkatan Persia sangatlah terlatih dan memiliki peralatan perang yang sangat canggih. Terutama tunggangan mereka. Ada sekitar 30 pasukan bergajah yang berdiri di depan sebagai pembuka barisan. Sehingga peperangan terjadi selama empat hari. Perang siang malam. Tergambar keberanian kaum muslimin yang seharusnya mencambuk semangat pemuda. Sejatinya mereka adalah orang-orang yang terhormat dengan Islam.

Kekuatan umat, bukan untuk menindas orang lain. Tapi Islam melakukan hal ini adalah demi menegakkan keadilan, menyuarakan kebenaran dan terciptanya perdamaian. Oleh sebab itu, Islam sebagaimana Saad Bin Waqqas berdialog dengan pimpinan atau panglima Persia. Saat ditanya tentang tujuan kaum muslimin berperang, maka dijawab oleh Saad Bin Abi Waqqas bahwa kaum muslimin ingin membebaskan manusia dari perbudakan manusia. Agar manusia menjadi hamba Allah. Disini dapat dilihat pula bahwa tujuan dakwah Islam bukanlah demi mencari harta dan kesenangan dunia. Kalau seandainya itu yang dicari, tentu umat terdahulu tidak akan menolak tawaran-tawaran yang ditawarkan oleh Rustum saat berdialog dan bernegosiasi sesaat sebelum peperangan.

Baca Juga:
Kisah Penaklukan Masjidil Aqsa Oleh Khalifah Umar Bin Khatab - Faedah Sejarah Islam (Ustadz Dr. Ali Musri, M.A.)

Simak dan Download Penjelasan Lengkap Tentang Faedah Sejarah Islam: Kisah Penaklukan Persia Oleh Sahabat Umar Bin Khatab


Silakan share ceramah agama Islam sejarah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam ini ke Facebook, Twitter, dan Google+.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.