Rodja Peduli

Faedah Sejarah Islam

Kisah Penaklukan Ruum Oleh Khalifah Umar Bin Khatab – Faedah Sejarah Islam (Ustadz Dr. Ali Musri, M.A.)

By  |  pukul 5:08 am

Terakhir diperbaharui: Kamis, 04 Oktober 2018 pukul 10:52 am

Tautan: http://rodja.id/1mb

Ceramah agama sejarah Islam dan faedah-faedahnya oleh: Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A.

Berikut adalah ceramah agama Islam yang disampaikan pada Jumat pagi, 8 Muharram 1439 H/ 29 September 2017 M, pukul 08:00-09:10 WIB di Radio Rodja dan Rodja TV dalam program Faidah-Faidah Sejarah Islam.

Ceramah agama yang mengangkat tentang seluk beluk Sejarah Islam beserta apa saja faidah-faidah yang bisa dipetik darinya ini disampaikan oleh Ustadz Dr. Ali Musri, M.A.. Pada ceramah kali ini, beliau membahas mengenai “Kisah Penaklukan Ruum Oleh Khalifah Umar Bin Khatab“.

(Download juga kajian sebelumnya: Kisah Penaklukan Persia Oleh Sahabat Umar Bin Khatab – Faedah Sejarah Islam

Banyak sekali pelajaran yang dapat dipetik dari mempelajari kisah-kisah para Nabi dan Sahabat. Salah satunya adalah sebagai bantahan untuk orang-orang yang memojokkan sahabat. Dimana mereka menggambarkan kedzoliman dan penipuan dalam pemilihan khilafah, itu semua adalah dusta. Karena dari data-data yang ada, maka tidak mungkin akan mendapat pembelaan dan pertolongan dari Allah jika ia berbuat dzalim dan mengambil sesuatu yang bukan haknya.

Maka seringkali dijelaskan agar ketika belajar siroh, masing-masing dari kaum muslimin berusaha mengambil pelajaran dan faedah dari sana. Karena salah satu cara dari kelompok-kelompok yang ingin merusak Islam adalah dengan mereka mempermainkan sejarah, memutar balikkan fakta-fakta. Dan membaca sejarah adalah bagian dari faedah-faedah ilmu yang Allah tuntunkan. Sebagaimana Allah mencerikan kepada kaum muslimin cerita para nabi. Tujuannya adalah kaum muslimin melihat bagaimana perjuangan mereka, kejujuran dan sifat-sifat terpuji yang ada pada mereka. Selain itu juga untuk membantah tuduhan-tuduhan yang memang dibuat oleh orang-orang yang membenci sahabat.

Baca Juga:
Keutamaan Umar, Utsman, dan Ali radhiyallahu 'anhum - Kitab Al-Intishar (Ustadz Badrusalam, Lc.)

Salah satu contoh bantahan yang bisa dilakukan adalah ketika Umar bin Khatab diberikan pakaian kebesaran Kisra oleh sebagian sahabat, tapi hal itu ditolak oleh Umar bin Khatab. Bayangkan bagaimana zuhudnya khalifah saat itu. Ini adalah bantahan bagi orang-orang orientalis ataupun orang-orang yang benci kepada Islam yang mengatakan bahwa tujuan Islam menguasai daerah-daerah karena saat itu Arab dalam keadaan miskin. Ternyata salah, misi para sahabat adalah mereka ingin memerdekakan orang dari perbudakan sesama mereka.

Berikutnya dibahas tentang perang terakhir antara kaum muslimin dengan orang-orang Romawi. Pimpinan pasukan yang berjuang di sana adalah Khalid bin Walid, Syurahbil bin Hasanah, Abu Ubaidah bin Jarrah, Amru bin Ash. Ini tokoh-tokoh sahabat yang senior yang saat itu memimpin kaum muslimin. Satu persatu kota-kota ditaklukan oleh kaum muslimin. Diantaranya Damaskus, Urdun, Palestina, dll. Jumlah perbandingan pasukan kaum muslimin dibandingkan dengan pasukan Romawi saat itu sekitar 40-46 ribu. Adapun jumlah pasukan Romawi adalah 240 ribu. Dari kisah ini, kaum muslimin dapat mengambil pelajaran bahwa berjuang itu sesuai dengan kemampuan.

Pada peperangan ini juga panglima Khalid bin Walid dipecat dari jabatannya oleh Umar bin Khatab. Hal ini tidak terlepas dari faedah-faedah yang banyak. Diantara faedah yang disebutkan oleh para ulama adalah:

  • Jangan sampai ada kaum muslimin yang mengkultuskan Khalid bin Walid.
  • Menjaga keimanan Khalid bin Walid dari kesombongan.
  • Sebagai regenerasi sahabat-sahabat lain agar belajar dari Khalid bin Walid.
  • dan lain-lain
Baca Juga:
Keutamaan Sahabat Umar Bin Khatab - Faedah Sejarah Islam (Ustadz Dr. Ali Musri, M.A.)

Download Penjelasan Lengkap Tentang Faedah Sejarah Islam: Kisah Penaklukan Ruum Oleh Khalifah Umar Bin Khatab


Silakan share ceramah agama Islam sejarah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam ini ke Facebook, Twitter, dan Google+.

2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.